4 Kementerian yang Buka CPNS 2023 Lulusan SMA Sederajat, Peluang Besar!

Suara.com – Dari tahun ke tahun, ada beberapa kementerian yang langganan membuka formasi CPNS lulusan SMA sederajat. Daftar kementerian ini diprediksi juga akan membuka formasi CPNS 2023 lulusan SMA sederajat.

Calon peserta yang mendaftar CPNS 2023 tidak hanya dari kalangan lulusan D4 atau S1 saja. Mereka yang merupakan lulusan SMA sederajat juga memiliki peluang yang sama untuk mendaftar CPNS 2023 di sejumlah kementerian.

Selain mengetahui formasi CPNS 2023 lulusan SMA sederajat, calon peserta juga wajib mencari tahu syarat yang ditentukan. Masing-masing kementerian biasanya menetapkan syarat yang berbeda-beda.

Sebagai salah satu contoh, ada sejumlah instansi atau kementerian yang memasang syarat tinggi badan minimal calon pelamar. Oleh karenanya, Anda wajib memperhatikan secara detail apa saja syarat yang ditetapkan masing-masing instansi.

Berikut Suara.com merangkum daftar kementerian buka formasi CPNS 2023 lulusan SMA sederajat merujuk pada data CPNS tahun-tahun sebelumnya.

Kementerian yang Buka Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA Sederajat

1. Kementerian Perhubungan

Pada 2021, Kementerian Perhubungan membuka formasi CPNS lulusan SMA/SMK.Tak tanggung, ada 684 formasi terbuka untuk para lulusan SMA.

Mereka akan ditempatkan sebagai teknisi sarana dan prasarana, petugas aviation security (Avsec), petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), teknisi listrik dan jaringan, penerbang, teknisi peralatan listrik dan elektronika dan pemula – teknisi penelitian dan perekayasaan.

2. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan tak tertinggal membuka formasi CPNS lulusan SMA sederajat. Formasi lulusan SMA di kementerian ini akan ditempatkan sebagai pengemudi ambulans dan pemula-kataloger.

3. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kemenkumham sering membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat. Seperti pada CPNS 2021, kementerian ini membutuhkan sebanyak 253 formasi tenaga kesehatan dan 4.305 formasi tenaga teknis. Selain itu, Kemenkumham juga membutuhkan formasi untuk mengisi jabatan penjaga tahanan.

4. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pada CPNS 2021, KLHK juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat. Lulusan ini diperlukan untuk mengisi jabatan sebagai polisi hutan di bidang kehutanan atau pertanian.

Demikian beberapa kementerian yang buka formasi CPNS 2023 lulusan SMA sederajat. Data CPNS 2021 di atas bisa menjadi acuan bagi Anda yang hendak mendaftar CPNS 2023, bukan hal yang tak mungkin jika kementerian-kementerian di atas akan kembali membuka formasi CPNS 2023 lulusan SMA.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *