Apakah Hasil Sholat Istikharah Bisa Salah Jika Pernikahan Berujung Cerai?

Suara.com – Sholat Istikharah kerap dilakukan ketika hendak menikah. Namun kemudian timbul pertanyaan, apakah hasil sholat istikharah bisa salah jika pernikahan itu berujung cerai?

Anjuran untuk melakukan sholat istikharah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist.

Dalam riwayat Jabir Ibn Abdillah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika di antara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (sholatlah) dua rakaat, kemudian berdoa…”, (HR Bukhori).

Meksipun sholat istikharah hukumnya sunnah, namun kita tidak boleh menyalahkan ibadah tersebut. Hasil istikharah adalah yang terbaik bagi Allah SWT, walau dalam kasus pernikahan pada akhirnya bercerai.

Hal ini disampaikan oleh Buya Yahya, pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah melalui video yang diunggah ke YouTube pada 30 Juli 2018.

“Tidak boleh menyalahkan Istikharah, tidak perlu,” kata Buya Yahya dalam video di kanal YouTube Al-Bahjah TV.

“Jadi kalau sudah menyerahkan kepada Allah ya sudah. Maka apa yang Allah berikan kepada anda misalnya terjadi perceraian, maka yakini, karena anda sudah Istikharah, berarti ini yang terbaik,” imbuhnya.

Pedakwah kelahiran Blitar ini mengatakan bahwa istikharah merupakan ibadah murni dan perintah nabi. Ia menyarankan kepada pendengar jika menginginkan sesuatu hendaknya melakukan sholat dua rakaat lalu membaca doa istikharah.

Termasuk ketika akan menikah atau melakukan hal-hal penting dalam hidup, dianjurkan melakukan sholat istikharah. Apabila nanti setelah menikah bertemu masalah maka itu termasuk keputusan Allah yang baik.

“Allah tidak akan menguji hamba-Nya, kecuali ingin mengangkat. Tidak mungkin memberikan sebuah masalah, jika tidak akan memberikan sebuah kebaikan yang lebih besar lagi,” kata Buya Yahya.

Ketika diuji seperti itu umat Islam harusnya mengambil sikap yang paling baik sesuai syariat. Jika memang harus bercerai maka lakukan dengan sikap yang baik dan serahkan semuanya kepada Allah SWT.

Buya Yahya menyebut orang yang kecewa dengan hasil yang didapat maka dia bisa jadi melakukan Istikharah dengan salah.

Lantas bagaimana cara melakukan sholat istikharah yang benar sesuai ajaran Islam? Berikut penjelasannya.

Tata Cara Sholat Istikharah

Sholat istikharah dilakukan dengan dua rakaat. Kemudian baca niat sholat Istikharah:

” Usolli Sunnatal Istikharati Rak’ataini Lillahi Ta’ala”.

Artinya: “Aku berniat shalat istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Pada rakaat pertama, setelah membaca surat al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat al-Kafirun

Rakaat kedua, bacalah al-Fatihah. kemudian dilanjutkan dengan membaca surat al-Ikhlas.

Lanjutkan gerakan sholat hingga selesai dengan tahiya dan salam. Setelah selesai sholat, baca doa setelah sholat istikharah berikut:

Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.

Seperti itu cara melakukan sholat istikharah dengan benar. Jangan sampai anda lupa membaca doa di atas.

Sekali lagi, jangan salahkan sholat istikharah karena pernikahan berujung pada perceraian. Allah SWT maha mengetahui segala sesuatunya dan senantiasa memberikan yang terbaik pada umat-Nya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *