Bacaan Ayat Kursi Latin dan Terjemahnya, Bagaimana Cara Mengamalkannya?

Suara.com – Potongan surat Al Baqarah ayat 255 atau disebut ayat kursi memiliki kedudukan yang istimewa dibandingkan dengan ayat-ayat lainnya di dalam Al-Qur’an. Seperti apa bacaan ayat kursi latin dan keistimewaannya?

Ayat kursi merupakan ayat yang paling agung. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bertanya kepada Ubiy bin Ka’ab mengenai ayat yang paling utama dalam Al-Qur’an.

“‘Ayat apa yang paling utama di dalam Al-Quran?’ Kemudian Ubay bin Kai menjawab, ‘Ayat paling utama dalam kitabullah adalah Ayat Kursi'”

Ada waktu-waktu tertentu yang sangat dianjurkan untuk mengamalkan ayat kursi latin. Hal ini dikarenakan ayat tersebut memiliki keistimewaan yang luar biasa, terlebih jika diamalkan secara rutin.

Lantas, seperti apa bacaan ayat kursi latin dan terjemahnya? Berikut Suara.com merangkum ulasannya untuk Anda.

Bacaan Ayat Kursi Latin dan Terjemahnya

Di bawah ini merupakan bacaaan ayat kursi latin dan terjemahnya. Anda bisa menghafalkannya atau sambil membaca teks latin saat hendak mengamalkannya sebagai doa dan dzikir harian.

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta’khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illai bi idznih. Ya’lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min ‘ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal’aliyyul ‘adhiim.

Terjemahan:

Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255).

Cara Mengamalkan Ayat Kursi Latin

Ada beberapa waktu terbaik untuk mengamalkan membaca ayat kursi latin. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Sebelum Tidur

Allah SWT memberikan jaminan perlindungan sepanjang malam dari gangguan setan bagi seorang Muslim yang membaca ayat kursi sebelum tidur. Hal ini tertuang dalam hadist riwayat Bukhari yang artinya sebagai berikut.

“Sesungguhnya siang dan malam itu ada 24 jam dan pada setiap 1 jam diangkat sebanyak 70 juta kebaikan bagi orang yang membacanya dan para Malaikat akan sibuk mencatat (besarnya kebaikan) dari bacaan itu.” (HR. Bukhari)

2. Setelah Sholat Fardhu

Waktu terbaik mengamalkan ayat kursi latin dan terjemahnya adalah setelah selesai sholat fardhu. Seseorang yang rutin membacanya setelah sholat maka akan dipermudah masuk surga.

“Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.” (HR. Imam Nasa’i).

3. Pagi dan Sore

Seorang Muslim juga bisa mengalamkan ayat kursi latin dan terjemahnya di waktu pagi dan sore setiap harinya. Dianjurkan untuk membacanya di pagi hari setelah sholat subuh hingga matahari terbit, dan di sore hari setelah waktu sholat ashar hingga memasuki waktu maghrib.

“Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Imam Al Hakim)

Itulah ulasan lengkap mengenai bacaan ayat kursi latin dan terjemahnya beserta cara mengamalkannya. Semoga bermanfaat!



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *