Cara Daftar PPPK Tenaga Kesehatan Lengkap dengan Link dan Syaratnya

Suara.com – Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga kesehatan (nakes) 2022 mengalami penyesuaian. Pendaftaran PPPK Tenaga Kesehatan 2022 yang mulanya akan ditutup pada hari ini, Jumat (18/11/2022) resmi diperpanjang hingga Selasa (22/11/2022). Ini dia tata cara daftar PPPK Tenaga Kesehatan. 

Penyesuaian jadwal pendaftaran seleksi PPPK Tenaga Kesehatan 2022 tersebut sesuai surat Plt Kepala BKN Nomor 38310/B-KS.04.01/SD/K/2022. Dengan adanya penyesuaian jadwal PPPK Kesehatan 2022 ini, secara otomatis membuat pengumuman hasil seleksi administrasi juga mengalami penyesuaian yaitu pada 24 hingga 25 November 2022. 

Sebagai pengingat, seluruh proses pendaftaran PPPK Tenaga Kesehatan 2022 hanya dilakukan melalui link sscasn.bkn.go.id. Lantas bagaimana cara daftar PPPK Tenaga Kesehatan? 

Cara Daftar PPPK Tenaga Kesehatan 

Apabila para pelamar telah memenuhi syarat dan masuk ke dalam kategori prioritas, maka pelamar bisa langsung melakukan pendaftaran melalui laman sscasn.bkn.go.id. 

Berikut ini langkah-angkahnya: 

• Pelamar wajib memiliki alamat email yang masih aktif untuk mengikuti proses seleksi calon PPPK tenaga kesehatan. 

• Pelamar yang telah membuat akun dapat melakukan update akun pada portal nasional. 

• Bagi pelamar yang belum memiliki akun, maka wajib membuat akun secara daring terlebih dahulu dengan menggunakan NIK yang terintegrasi data dukcapil pada portal nasional. 

• Pelamar mengunggah atau upload KTP dan swafoto saat membuat akun. 

• Pelamar yang sudah memiliki akun melakukan pendaftaran sesuai dengan tahapan dalam portal nasional. 

• Selanjutnya, pelamar melakukan pemilihan kebutuhan PPPK nakes 2022 yang dibuka lowongannya dalam portal nasional. 

• Pelamar memilih jabatan yang diinginkan pada portal nasional sesuai dengan kualifikasi pendidikan. 

• Pelamar harus mengisi data pada portal nasional. 

• Langkah terakhir, pelamar bisa mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran. 

Sebagai catatan, peserta pendaftaran PPPK Tenaga Kesehatan 2022 yang sudah membuat akun dan registrasi akan divalidasi terlebih dulu data kependudukannya serta filtering SISDMK Kemenkes. Tujuannya yaitu untuk melewati tahapan pengumuman seleksi administrasi yang akan berlangsung pada 24-25 November 2022. 

Berkas yang wajib dipersiapkan untuk daftar PPPK Tenaga Kesehatan 2022 

Terdapat beberapa berkas yang perlu disiapkan untuk mendaftarkan diri dalam seleksi PPPK nakes 2022. 

1. Pasfoto dengan latar belakang berwarna merah dengan format JPEG atau JPG ukuran maksimal 200 KB. 

2. Surat pernyataan yang diketik dengan menggunakan komputer, bermeterai Rp 10.000, ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, dan juga dibuat pada saat tanggal pendaftaran. 

3. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang asli atau Surat Keterangan asli telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). 

4. Scan ijazah asli dan juga Transkrip Nilai ASLI jenjang DIII/D-IV/S-1 serta Surat Penyetaraan Ijazah asli. 

5. Scan Surat Tanda Registrasi (STR) bukan STR Instenship asli bagi peserta dengan jabatan fungsional yang mensyaratkan STR. 

6. Scan SK Penugasan yang telah ditandatangani oleh Kepala Unit Kerja terunggah. Scan surat rekomendasi pengalaman kerja yang sudah ditandatangani oleh atasan langsung dan harus bermeterai Rp 10.000. 

7. Bagi pelamar penyandang disabilitas, terdapat dua syarat tambahan berikut: 

• Menambahkan surat keterangan pernyataan penyandang disabilitas dari rumah sakit atau puskesmas milik Pemerintah 

• Melampirkan link video singkat saat melakukan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan tugas sebagai tenaga kesehatan 

Begitulah tadi cara daftar PPPK Tenaga Kesehatan. Masih ada kesempatan bagi Anda untuk melakukan pendaftaran seleksi PPPK Tenaga Kesehatan. Sebelumnya, pastikan Anda sudah memenuhi syarat dan masuk ke dalam kategori prioritas. 



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *