Daftar Negara Anggota NATO 2022, Lengkap dengan Cara Bergabungnya

Suara.com – NATO adalah singkatan dari North Atlantic Treaty Organization. Dalam Bahasa Indonesia, NATO disebut sebagai Pakta Pertahanan Atlantik Utara. Berikut daftar negara anggota NATO yang dirangkum dari berbagai sumber.

Anggota NATO adalah negara-negara yang berasal dari wilayah Kanada, Eropa, dan Amerika Serikat. Jika melihat sejarahnya, kemunculan negara anggota Nato berkaitan erat dengan Perang Dunia II.

Pasca perang dingin, berbagai organisasi militer mulai bermunculan termasuk NATO yang digagas oleh Perancis dan Inggris yang khawatir akan timbulnya ketegangan antara dua kubu politik utama, yaitu Blok Barat dan Blok Timur.

Sementara itu, Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa bagian barat mulai khawatir dengan ekspnasi yang dilakukan Uni Soviet di Eropa Timur.

Kemudian, berawal dari perjanjian Dunkirk tahun 1947 antara Inggris dan Perancis, NATO mulai dibentuk. Sekitar tahun 1949 di Washington DC, Amerika Serikat, 12 negara sepakat menandatangani pembentukan NATO.

12 negara awal yang membentuk NATO adalah Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Luksemburg, Belgia, Italia, Norwegia, Belanda, Denmark, Portugal dan Islandia.

Seiring perkembangan, NATO yang sejak awal dibentuk sebagai wadah membendung berbagai paham komunisme di wilayah Atlantik Utara kini memiliki anggota yang kebanyakan datang dari negara-negara Blok Barat beraliran liberal. 

Selain itu, misi utama NATO bergeser jadi organisasi keamanan yang menciptakan situasi damai di kawasan Atlantik Utara. Tujuan mereka jelas, ingin melindungi negara Eropa dan Amerika Utara dari berbagai pengaruh komunisme dan bisa berperan aktif menjaga perdamaian dunia.

Cara Menjadi Negara Anggota NATO

  • Calon anggota NATO harus berada di Eropa
  • Calon negara anggota harus mengikuti program NATO
  • Calon anggota NATO harus menandatangani Accession Protocols.
  • Calon negara anggota harus mengadopsi serta mengesahkan RUU ratifikasi¬†

Selain itu, negara anggota NATO boleh mengundang negara lainnya untuk menjadi anggota NATO melalui Dewan Atlantik Utara berdasarkan konsensus antara semua sekutu.

Daftar Negara Anggota NATO

  1. Amerika Serikat
  2. Inggris
  3. Perancis
  4. Portugal
  5. Belgia
  6. Kanada
  7. Denmark
  8. Islandia
  9. Italia
  10. Luksemburg
  11. Belanda
  12. Norwegia
  13. Yunani
  14. Turki
  15. Jerman
  16. Spanyol
  17. Republik Ceko
  18. Hongaria
  19. Polandia
  20. Bulgaria
  21. Estonia
  22. Latvia
  23. Lituania
  24. Rumania
  25. Slovakia
  26. Slovenia
  27. Albania
  28. Kroasia
  29. Montenegro
  30. Makedonia Utara

Demikian penjelasan lengkap tentang North Atlantic Treaty Organization atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara. Semoga informasi daftar negara anggota NATO di atas bermanfaat.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *