Daftar Negara G7, Sejarah, dan Perannya Bagi Dunia

Suara.com – G7 (Group of Seven) merupakan sebuah organisasi internasional yang terdiri atas para pemimpin dari tujuh negara di seluruh dunia. Negara-negara tersebut adalah negara dengan ekonomi yang maju. Ketahui daftar negara G7 dan sejarahnya pada artikel berikut. 

Dalam setiap tahunnya, para petinggi atau pemimpin negara dari tujuh anggota G7 akan mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Pada KTT itu, negara anggota G7 akan membahas isu-isu hangat yang sedang melanda dunia, mulai dari politik, kemanusiaan, keamanan, hingga ekonomi. Oleh karena itu, kesepakatan yang diambil dari gelaran KTT G7 kerap menjadi sorotan dunia. 

Simak daftar negara G7 dan sejarahnya hingga dinilai sangat berpengaruh terhadap kehidupan beberapa negara di dunia. 

Daftar Negara G7 

Dilansir situs G7, berikut ini daftar negara anggota G7: 

1. Kanada 

2. Prancis 

3. Jerman 

4. Italia 

5. Jepang 

6. Inggris 

7. Amerika Serikat 

Sejarah Pembentukan G7 

Pembentukan G7 bermula pada tahun 1970-an dari sebuah pertemuan yang dilakukan oleh Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), George Shultz. Pada saat itu, terjadi sebuah krisis minyak pertama dan runtuhnya sistem nilai tukar mata uang tetap. 

Dalam pertemuan tersebut, Shultz turut mengundang Menteri Keuangan Prancis, Jerman, dan juga Inggris untuk membicarajan secara informal terkait upaya menstabilkan turbulensi mata uang dunia. 

Pertemuan kemudian berlanjut pada tahun 1975 dengan jumlah perwakilan negara yang lebih banyak. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi G7, sebanyak enam negara berkumpul di Prancis, antara lain AS, Jerman, Jepang, Inggris, Italia dan Prancis sendiri. 

Pertemuan ini diadakan oleh Presiden Prancis Valery Giscard d’Estaing dan Kanselir Jerman Helmut Schmidt. Adanya pertemuan tersebut didasari karena terjadinya krisis minyak yang merambat menjadi krisis energi dan juga ekonomi dunia. Kemudian, para pemimpin negara G7 mengkoordinasikan kebijakan ekonomi internasional serta menyepakati adanya langkah-langkah awal dalam mengatasi penurunan global. 

Selang setahun setelah pertemuan pertama, tepatnya pada 1976 Kanada diundang untuk bergabung dengan G7. Untuk pertama kalinya, kelompok tujuh tersebut bertemu pada KTT 1976 di Puerto Rico. Pembahasan dalam forum tersebut lebih berfokus pada masalah kebijakan moneter. Kemudian tahun 1980-an, ruang lingkup kepentingan G7 lebih diperluas terkait masalah kebijakan luar negeri dan kebijakan keamanan. 

Peran G7 Bagi Dunia 

Anggota G7 memiliki peranan yang cukup signifikan secara global bagi dunia. Anggota G7 mewakili hampir sebanyak 40 persen dari PDB global dan 10 persen lainnya dari populasi dunia. Seluruh anggota G7 merupakan anggota G20, yang semua anggotanya mewakili 85 persen kebutuhan ekonomi global dan juga dua pertiga penduduk dunia. 

Sementara itu, kelompok tersebut juga menghasilkan sejumlah keputusan yang mempunyai konsekuensi global. Misalnya, dalam KTT G7 2021, para menteri keuangan G7 untuk menyepakati kudungan terhadap pajak perusahaan multinasional minimum sebesar 15 persen. 

Begitulah tadi daftar negara G7 dan sejarahnya serta perannya yang dinilai cukup penting bagi dunia. Diketahui, hingga saat ini G7 masih aktif menyelenggarakan KTT setiap tahun dengan membicarakan isu-isu global yang sedang terjadi. 



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *