Dunia Hari Ini: Kerumunan yang Mematikan di Korsel dan Kongo

Suara.com – Selamat Hari Senin, pekan yang baru dan kita akan menyambut bulan baru.

External Link: GIF Monday

Kami sudah menyiapkan rangkuman laporan utama dari sejumlah negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir. 

Untuk Dunia Hari Ini, edisi 31 Oktober kita akan mengawali dengan tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan.

Pesta Halloween yang menewaskan ratusan orang

Setidaknya 154 orang, kebanyakan berusia 20 tahunan meninggal akibat kerumunan yang berdesakan di jalanan sempit kawasan Itaewon. 

Laporan saat ini mengatakan, ada 22 warga asing, termasuk satu warga Australia yang tewas, seperti yang dikatakan seorang warga Australia kepada ABC. 

Ia juga mengatakan seorang warga Australia lainnya saat ini dirawat di ruang intensif rumah sakit, meski belum laporan tersebut belum bisa diverifikasi. 

Sementara Kedutaan Besar RI di Seoul mengatakan dua warga Indonesia sempat dirawat di rumah sakit akibat mengalami luka, namun sudah “keluar dari rumah sakit dalam keadaan baik” dan pulang ke tempat tinggalnya.

Penonton  meninggal di stadion Kinshasa

Insiden kerumunan yang tewas juga terjadi di Republik Demokratik Kongo.

Sebelas warga dilaporkan tewas ketika menghadiri konser Fally Ipupa, seorang musisi ternama di Kongo.

Image: Penonton hadir untuk menyaksikan pertunjukkan oleh penyanyi Kongo Fally Ipupa, di Kinshasa. Reuters: Paul Lorgerie

Wartawan kantor berita Reuters mengatakan stadion Martir di ibukota Kinshasa dihadiri lebih dari 80 ribu orang dan melebihi kapasitas stadion, sehingga mereka terpaksa memasuki wilayah VIP dan lainnya.

Dilaporkan petugas keamanan sempat melepaskan gas air mata untuk membubarkan massa yang melakukan tindakan kekerasan di jalan-jalan di luar stadion.

Lula da Silva jadi presiden Brasil lagi

A composite image of Luiz Inácio Lula da Silva and Jair Bolsonaro, campaigning Image: Lula da Silva (kiri) dinyatakan menang dalam pilpres tahap kedua atas presiden saat ini Jair Bolsonaro. AP: Andre Penner, Bruna Prado

Lula da Silva Brasil kembali terpilih menjadi presiden Brasil, setelah pemungutan suara tahap kedua, yang digelar Minggu waktu setempat.

Presiden Lula pernah menjadi presiden selama dua periode antara tahun 2003 sampai 2010

Ia pernah dipenjara di tahun 2017 dengan tuduhan korupsi, kemudian dibebaskan di tahun 2019 dengan seluruh catatan kriminalnya dibatalkan tahun lalu.

Warga merayakannya dengan berkumpul di kawasan Ipanema, Rio de Janeiro sambil berteriak “telah kembali”.

AS tempatkan B-52 di Australia guna menghadapi China

A photo of a B-52 bomber aircraft flying over desert under a blue sky. Image: Pesawat B-52 ini bisa membawa senjata rudal jarak jauh baik yang konvensional maupun nuklir. U.S. Air Force photo

Dalam rangka menangkal China, Amerika Serikat sedang bersiap untuk menempatkan enam pesawat pembom B-52 yang memiliki kemampuan meluncurkan rudal jarak jauh konvensional maupun nuklir.

Penyelidikan yang dilakukan Program Four Corners ABC menyebutkan Amerika Serikat sedang berencana membangun fasilitas untuk penempatan pesawat tersebut di pangkalan udara Tindal di Kawasan Australia Utara.

Becca Wasser dari Pusat New American Security mengatakan penempatan pesawat ini menjadi peringatan kepada China, di tengah kekhawatiran China sedang mempersiapkan diri untuk menyerang Taiwan.

“Dengan penempatan pesawat di lokasi yang bisa menyerang daratan China akan mengirim pesan penting ke China bahwa tindakan apa pun terhadap Taiwan bisa menyebabkan hal lain,” kata Becca Wasser dari Centre for New American Serurity.

Departemen Pertahanan Australia menolak memberikan komentar kapan pesawat B-52 akan mulai ditempatkan di Tindal.

Tragedi jembatan gantung di Gujarat

Delapan puluh orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka ketika sebuah jembatan yang biasa dilalui pejalan kaki di negara bagian Gujarat India runtuh, Minggu kemarin.

Pihak berwenang mengatakan ada sekitar 400 orang berada di jembatan gantung tersebut saat kejadian.

Menurut pejabat, jembatan sepanjang 230 meter yang dibangun di abad ke-19, yang melintasi sungai Macchu di kota Morbi, tidak mampu menahan beban begitu banyak orang.

Jembatan tersebut pernah direnovasi selama enam bulan dan baru saja dibuka empat hari lalu.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *