Fakta Baru Kasus Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Polisi Temukan Buku Berbagai Ajaran Agama

Suara.com – Fakta baru terungkap di balik kasus kematian empat anggota keluarga di Perum Citra Garden Extension I, Kalideres, Jakarta Barat. Kekinian penyidik disebut turut menyita barang bukti berupa buku-buku berbagai ajaran agama di rumah korban.

Hal tersebut diungkap ketua harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto. Menurut, Benny buku-buku berbagai ajaran agama itu ditemukan di lokasi kejadian.

“Betul sekali, berdasarkan informasi yang kami terima bahwa di TKP ditemukan beberapa buku yang berisi ajaran dari beberapa agama,” kata Benny saat dikonfirmasi, Selasa (15/11/2022).

Benny mengatakan barang bukti tersebut kekinian tengah didalami oleh penyidik. Pendalaman dilakukan guna mengungkap motif daripada kematian korban.

“Barang bukti tersebut sedang didalami oleh penyidik,” katanya.

Dugaan Penganut Paham Apokaliptik

Sebelumnya, Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Adrianus Eliasta Meliala sempat menduga keempat korban menganut paham apokaliptik. Peristiwa ini menurutnya serupa dengan kematian massal pengikut sekte Peoples Temple pimpinan Jim Jones di Guyana, Amerika Selatan pada 1978.

“Jadi mungkin mirip dengan kelompok yang mati massal di Guyana. Atau yang melakukan sesajian massal di pinggir laut dan malah disapu ombak semua. Karena kematian adalah tujuan akhir, maka mereka tidak takut,” ungkap Adrianus kepada wartawan, Senin (14/11/2022).

Pihak kepolisian sempat menyebut keempat korban, yakni Rudyanto Gunawan (71), Margaretha (68), Budianto Gunawan (68), dan Dian (42) ditemukan tewas dalam kondisi lambung tidak terisi.

Adrianus menilai keempat korban bisa jadi memilih cara mengakhiri hidupnya dengan tidak makan. Meskipun cara tersebut tergolong ekstrim.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *