Ini Berkas dan Syarat CPNS 2023 Fresh Graduate Terbaru, Catat!

Suara.com – Pembukaan pendaftaran CPNS 2023 telah sering diberitakan, menyambut penghujung tahun 2022 ini. Cukup banyak formasi yang kabarnya akan dibuka, salah satunya untuk lulusan baru atau fresh graduate. Lalu apa syarat CPNS 2023 fresh graduate yang kira-kira harus disiapkan?

MenpanRB, Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa CPNS 2023 ini akan difokuskan pada dua kategori utama. Pertama pendidikan, dan kedua adalah bidang kesehatan. Hal ini dikarenakan kebutuhan tenaga pengajar dan tenaga kesehatan yang tinggi di lapangan.

Kebutuhan Terkait Penghapusan Tenaga Honorer

Permintaan yang tinggi dari berbagai daerah menyusul agenda penghapusan tenaga honorer yang telah dimulai sejak program rekrutmen PPPK yang tengah berjalan saat ini. Maka dari itu, kebutuhan tenaga pengajar dan tenaga medis menjadi tinggi.

Formasi ini kemudian dibuka untuk tenaga non-ASN, dan fresh graduate yang baru saja lulus dari perkuliahan yang dijalankan. Dengan begini, diharapkan kebutuhan tenaga di setiap daerah dapat terpenuhi dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten.

Kemudian Berkas dan Syarat Apa yang Harus Dipersiapkan?

Hingga saat artikel ini ditulis, syarat spesifik yang diberikan serupa dengan syarat yang sebelumnya pernah dirilis. Tentu, jika kemudian terdapat update terbaru, akan disampaikan dalam artikel terkait agar Anda bisa selalu menerima informasi terbaru.

Untuk dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan fresh graduate, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Scan surat lamaran, ukuran maksimal 300 kb
  • Scan KTP, ukuran maksimal 200 kb
  • Scan dokumen pendukung lain sesuai dengan permintaan, maksimal 800 kb
  • Scan transkrip nilai, ukuran maksimal 500 kb
  • Scan swafoto, maksimal 200 kb
  • Scan pas foto dengan latar belakang merah, maksimal 200 kb, format JPG/JPEG

Untuk dokumen-dokumen yang diperlukan sendiri antara lain adalah sebagai berikut.

  • Scan ijazah, transkrip nilai, dan fotokopi Akta Kelahiran
  • Scan sertifikat ijazah komputer
  • Fotokopi identitas, KTP, atau surat keterangan identitas lain
  • Scan pas foto 3 x 4, CV, atau riwayat hidup dan surat lamaran
  • Scan surat pernyataan kesediaan ditempatkan dimanapun

Setiap data yang dicantumkan harus divalidasi terlebih dahulu, sehingga dipastikan data yang dimasukkan ke dalam sistem pendaftaran sudah benar dan valid. Lakukan validasi ini agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar.

Terkait dengan berbagai syarat berkas dan dokumen lain yang mungkin akan diberikan masing-masing formasi, akan diberitakan selanjutnya melalui artikel terkait. Karena pengumuman pembukaan belum secara resmi dilakukan, maka detail berkas dan syaratnya juga belum dapat dipastikan.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai syarat CPNS 2023 fresh graduate yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat!



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *