Bangkai Paus Langka Ditemukan Warga Lokal di Australia

Suara.com – Bangkai seekor paus bergigi tali (Mesoplodon layardii) ditemukan terdampar di wilayah tepi laut Lennox Head di pantai sebelah utara negara bagian New South Wales, Australia, oleh sekelompok peselancar dan penduduk lokal.

Paus bergigi tali merupakan salah satu jenis paus yang jarang ditemukan, dan “moncong” yang dimiliki hewan ini membuatnya terlihat seperti lumba-lumba.

“Orang-orang berkata, ‘oh, ini seekor lumba-lumba besar’, tetapi tidak, Anda bisa tahu bahwa itu itu seekor paus,” kata fotografer lokal, Ben Aboody, seperti diberitakan oleh ABC. “Sirip dorsalnya lebih kecil dan lebih jauh ke bawah mendekati ekor.”

CEO Dolphin Research Australia, Liz Hawkins, juga dihubungi untuk membantu mengidentifikasi hewan tersebut, dan ia mengatakan bahwa berdasarkan konsensus, bangkai tersebut kemungkinan paus bergigi tali yang masih remaja.

“Hewan ini tampak seperti hewan misterius yang muncul dari kedalaman,” katanya. “Sebagai peneliti, kami selalu terpesona oleh hewan-hewan ini [karena mereka] sangat misterius.”

Dr. Hawkins mengatakan paus jenis itu jarang terlihat di dekat pantai atau di perairan dangkal. Bahkan, bagaimana mereka makan juga masih menjadi misteri.

“Pada spesies khusus ini, jantan dewasanya akan memiliki dua husk [sekam] dari rahang bawah,” jelasnya. “Kedua sekam itu mengikat rahang atas dan sangat ketat, sehingga mereka hanya bisa membuka mulut selebar beberapa sentimeter.”

Dr, Hawkins juga menyebut bahwa akan ada beberapa tes yang dilakukan pada bangkai paus guna menggali sebanyak mungkin informasi.

“Tentu saja misteri yang ada termasuk mengapa hewan ini terdampar [di pantai],” katanya. “Apa yang salah dengan hewan tersebut? Apakah ada bukti penyakit yang mungkin kita temukan atau apa pun yang mengindikasikan campur tangan manusia?”

Peselancar lokal dilaporkan merasa senang melihat bangkai hewan itu dipindahkan dari salah satu daerah yang paling sering dikunjungi di kawasan itu.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *