Jokowi Tetap Untung Dukung Prabowo atau Ganjar, Pengamat: Lagi ‘Endorse’ Diri Sendiri Agar Tetap Eksis

Suara.com – Pengamat politik Yunarto Wijaya menyampaikan bahwa dukungan Jokowi baik ke Menhan Prabowo Subianto ataupun ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan sebuah taktik untuk dirinya.

Yunarto juga menyinggung soal baliho milik Puan Maharani serta Airlangga Hartanto yang dipasang di sepanjang jalan. Pemasangan baliho itu menjadi pertanyaan terkait persetujuan Jokowi dengan parpol yang bersangkutan.

Menurutnya, ada dua hal yang bisa disimpulkan dari sikap Jokowi. Yunarto menyebut bahwa yang pertama adalah Jokowi bermain banyak kaki.

“Bicara mengenai banyak kaki, jauh-jauh hari banyak sekali yang ditafsirkan minimal mendapatkan restu. Semakin dekat menjelang masa Pemilu atau kampanye, suara Jokowi semakin eksplisit dan namanya makin mengerucut kepada nama-nama tertentu,” kata Yunarto Wijaya dikutip Suara.com dari kanal YouTube Indonesia Lawyers Club, Senin (14/11/2022).

“Pertanyaannya kan kenapa Ganjar dan Prabowo, kalau bicara jauh-jauh hari tentu saja Jokowi harus berdiri di atas semua kekuatan politik karena memang dia memiliki dua identitas suka atau tidak,” imbuhnya.

Presiden Jokowi (Instagram/Jokowi)

Kendati demikian, Yunarto menganggap hal tersebut sebagai cacat sistem presidensil. Sebagai presiden dan kepala negara, Jokowi seyogyanya tidak mengendorse siapapun.

“Siapapun yang terpilih dari sistem yang anomali ini, dari Gus Dur, ibu Mega, lalu ketika pemilihan langsung ada SBY, Jokowi. Mereka semua seakan-akan menjadi pemimpin koalisi. Itu fakta secara de facto,” jelas Yunarto.

Sebelumnya, Jokowi dinilai berdiri di belakang namun kini malah lebih blak-blakan mendukung sejumlah pihak menjelang kampanye Pilpres 2024.

Akan tetapi, Yunarto menduga bahwa Jokowi kini sebenarnya justru tengah ‘endorse’ dirinya sendiri supaya tetap eksis.

“Jokowi sebetulnya bukan sedang mengendorse salah seorang nama-nama kita sebutkan, tapi Jokowi sedang mengendorse dirinya supaya tidak hilang dari panggung politik di akhir masa periode kepemimpinannya,” ungkapnya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *