Lebih Sederhana, Paylater Berikan Kemudahan bagi Masyarakat yang Tidak Punya Kartu Kredit

Suara.com – Menurut data Bank Indonesia, penetrasi kartu kredit di Indonesia baru sekitar 6% dari total populasi pada September 2021. Artinya, baru ada sekitar 6% masyarakat Indonesia yang menggunakan kartu kredit.

Padahal penggunaan kartu kredit dirasa sangat diperlukan mengingat banyaknya kebutuhan di tengah-tengah masyarakat, mulai dari kredit rumah, kendaraan hingga kebutuhan sehari-hari.

Mengingat proses pendaftaran kartu kredit yang dikenal menyulitkan, kini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat telah hadir metode paylater yang menawarkan proses pendaftaran dan verifikasi yang terbilang jauh lebih mudah daripada kartu kredit, sampai saat ini penggunaan paylater di Indonesia terus meningkat tajam.

Paylater tidak hanya dihadirkan oleh perusahaan fintech, tetapi juga perusahaan-perusahaan lainnya seperti e-commerce, ride-hailing service, dan OTA. Integrasi penyedia kebutuhan masyarakat dengan paylater ini pun turut mendukung pertumbuhannya di tanah air.

Setidaknya sudah ada deretan layanan paylater yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) antara lain SPayLater, DANA PayLater, Indodana PayLater, dan Atome PayLater. Artinya, layanan-layanan tersebut dijamin keamanannya.

Selain aman, penyedia layanan tersebut juga sudah menawarkan proses pendaftaran dan verifikasi yang cepat. Sebagai contoh, berikut cara menggunakan salah satu paylater yang ada di e-commerce Shopee, yaitu SPayLater.

1. Buka aplikasi Shopee

2. Pada Halaman Utama, klik icon SPayLater

SpayLater. (Istimewa)

3. Pilih Gunakan Sekarang

Keuntungan SpayLater. (Istimewa)

4. Klik Aktifkan Sekarang

5. Pilih metode aktivasi, baik itu melalui WhatsApp ataupun cara lainnya

6. Masukkan kode OTP. Jangan berikan kode OTP ini kepada siapa pun

7. Mulai proses aktivasi dengan upload KTP, mengisi informasi tambahan, dan verifikasi identitas. Pastikan informasi yang kamu masukkan sudah sesuai

8. Setelah itu, SPayLater kamu sudah aktif dengan limit pinjaman tertentu

9. Kini, kamu sudah bisa mulai menggunakan SPayLater sebagai metode pembayaran di Shopee

10. Untuk menggunakan metode pembayaran SPayLater, pilih produk yang ingin kamu beli. Kemudian, klik Beli Sekarang

11. Pada halaman Checkout, temukan bagian Metode Pembayaran. Lalu, pilih SPayLater

12. Pilih tenor pembayaran SPayLater, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Klik Bayar Sekarang.

13. Masukkan PIN ShopeePay-mu untuk melanjutkan pembayaran

14. Jika pembayaran sudah berhasil, artinya pesanan akan diproses. Pesanan akan ditambahkan ke tagihan SPayLater setelah kamu mengonfirmasi Pesanan Diterima. Pastikan kamu membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari biaya keterlambatan.

Apabila ingin menggunakan layanan paylater, pastikan kamu menggunakannya dengan bijak. Jangan lupa untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *