Menebak Siapa Burung Hantu yang Ingin Koalisi Pengusung Anies Bubar

Suara.com – Batalnya deklarasi ’Koalisi Perubahan’ yang diusung Partai Demokrat,Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem menimbulkan sejumlah spekulasi di tengah masyarakat. Salah satunya datang dari Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief tiba-tiba saja bicara soal ‘Burung Hantu’ yang mencoba ingin memisahkan NasDem, Demokrat, dan PKS. Siapa burung hantu yang ingin koalisi pengusung Anies bubar? 

Seperti yang diketahui, NasDem, Demokrat, dan PKS pada awalnya menrencanakan deklarasi yang diselenggarakan pada 10 November kemarin. Namun hingga berita ini dimuat tidak ada deklarasi ‘Koalisi Perubahan’ yang dilakukan oleh ketiga partai tersebut. Padahal deklarasi itu bisa menjadi awal mula ketiga partai bisa menuju Pilpres 2024 dengan calon presiden yang diusungnya, Anies Baswedan. 

Terkait hal itu Andi Arief lantas angkat bicara terkait adanya upaya untuk memisahkan NasDem, Demokrat, dan PKS. Melalui cuitannya di Twitter, dia menyatakan ada sesuatu yang kemudian disebutnya sebagai ‘burung hantu’ yang bisa memisahkan koalisi ketiga partai tersebut. 

“Hanya ‘burung hantu’ yang bisa memisahkan koalisi Nasdem, Demokrat dan PKS,” ungkap politikus Demokrat Andi Arief dalam akun Twitternya pada Kamis (10/11/2022). 

Menebak siapa burung hantu yang ingin koalisi pengusung Anies bubar? Sayangnya, Andi Arief tidak menjelaskan secara rinci siapa ‘burung hantu’ yang dimaksud. 

Akan tetapi dalam kesempatan yang berbeda, Andi dihadapan awak media mengungkapkan beberapa petunjuk terkait ‘burung hantu’ yang ia sebut sebelumnya. 

“Burung hantu, burung yang bekerjanya malam serta buas. Hanya itulah yang bisa memisahkan koalisi perubahan dan perbaikan, 3 partai” ujarnya kepada wartawan, Kamis (10/11/2022). 

Jawaban Andi membuat awak media semakin penasaran. Karena saat ditanya lebih spesifik dia tetap tidak mau mengungkap lebih rinci tentang ‘burung hantu’ yang dimaksud. Dia menyebut jika sosoknya biasanya spesial di hutan. 

“Biasanya yang mengerti spesial di hutan. Yang biasa bekerja dalam gelap,” lanjut Andi Arief. 

Tanggapan PKS dan NasDem 

Menanggapi cuitan Andi Arief terkait ‘burung hantu’ yang disebut sebagai pengganggu koalisi Nasdem, Demokrat dan juga PKS, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengungkapkan, jika selama ini partainya tidak pernah merasa ada gangguan yang datang dari luar koalisi. 

Menurutnya, langgeng atau tidaknya sebuah koalisi yang dibangun tidak hanya bisa ditentukan dari faktor eksternal saja. Karena menurut Ali secara internal, komunikasi yang terbangun antara tiga partai, Nasdem, Demokrat dan PKS sejauh ini masih terpantau lancar dan tak ada masalah. 

Lebih lanjut Ali meminta, baik itu Nasdem, PKS ataupun Demokrat tak perlu menanggapi serius isu-isu liar yang tengah berkembang di masyarakat. Termasuk seputar koalisi yang saat ini sedang mereka bangun. 

Sementara terkait dengan batalnya deklarasi Koalisi Perubahan pada 10 November lalu, PKS yakin tidak ada halangan apapun yang bisa memisahkan terbentuknya Koalisi Perubahan. Jika di dalamnya, sudah ada rasa cinta dan percaya antar semua anggota koalisi. 

“Kalau sudah hadir rasa cinta dan percaya, ada burung hantu pun tidak akan bisa memisahkan semua hati yang ingin bersatu,” ungkap Juru Bicara PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Kamis (10/11/2022). 

Kholid tidak menjawab secara tegas apakah PKS merasa ada pihak luar yang ingin mengganggu koalisi yang dibangun bersama NasDem dan Demokrat. Namun menurutnya, adanya tarik-menarik antara mereka merupakan hal yang biasa terjadi  

Menebak siapa burung hantu yang ingin koalisi pengusung Anies bubar? Hingga saat ini sosok yang dimasud Andi Arief masih misterius, karena ia tidak menyebutkan secara speaifik. 



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *