Mesranya Jokowi ke Xi Jinping: Senang Sekali Bisa Sambut Kakak Besar di Bali

Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan kebahagiaannya saat menyambut Presiden China Xi Jinping. Ia bahkan memberikan nama panggilan “mesra” untuk pemimpin Tiongkok tersebut, yakni kakak besar.

Mengutip Wartaekonomi.co.id — jaringan Suara.com, sambutan hangat Presiden Jokowi ke Xi Jinping ini disampaikan dalam momen pertemuan bilateral seusai Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, Rabu (16/11/2022).

Dalam pidatonya, Jokowi mengucapkan rasa senangnya bisa menyambut Xi di Bali. Apalagi, kali ini giliran Jokowi menyambut Xi sebagai tuan rumah, setelah sebelumnya bertemu di Beijing.

“Sekali lagi saya ingin menyampaikan selamat datang di Bali kepada Presiden Xi Jinping,” kata Jokowi dalam pertemuan bilateral seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden di Bali, Rabu (16/11/2022).

“Senang sekali, saya dapat menyambut kakak besar di Bali, setelah pertemuan kita di Beijing,” sambungnya.

Pertemuan ini juga dimanfaatkan Jokowi untuk mengucapkan selamat kepada Xi Jinping karena terpilih kembali sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis China.

Presiden Jokowi juga membahas mengenai kerja sama RI dan China yang dinilai solid. Salah satunya mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

“Tadi kita juga telah melihat penyelesaian kereta api cepat Jakarta-Bandung. Saya optimistis, kereta cepat ini dapat beroperasi pada Juni 2023. Progress kerja sama lainnya, sudah kami sampaikan pada Presidensi,” terang Jokowi.

Sementara itu, tanggapan hangat juga disampaikan Xi Jinping. Ia mengaku bahagia bisa bertemu Presiden Jokowi dan mengucapkan selamat karena berhasil memimpin KTT G20.

Xi Jinping juga menjelaskan alasan menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjunginya, selepas Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China.

“Ini membuktikan posisi penting hubungan China-Indonesia dalam kebijakan luar negeri kita masing-masing,” ucap Presiden Xi Jinping.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *