Muncul Dugaan Dijalani Sekeluarga di Kalideres, Apa Itu Ritual Santhara?

Suara.com – Kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat sukses mencuri perhatian publik karena menimbulkan banyak teka-teki. Pasalnya menurut keterangan polisi, jenazah satu keluarga itu diduga dehidrasi dan tidak kekurangan gizi selama berminggu-minggu.

Ajaran tertentu pun diduga jadi pemicu kematian satu keluarga di Kalideres tersebut. Sebelumnya muncul dugaan bahwa keluarga ini penganut apokaliptik. Namun, kini muncul dugaan lain yang mengarah pada ritual Santhara yang dilakukan selama 30-35 hari di mana seseorang tidak makan atau minum hingga meninggal dunia. Lantas apa itu ritual puasa Santhara? Simak selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Ritual Santhara?

Ritual Santhara merupakan ajaran yang dianut oleh sekte Jain yang lahir dan berkembang pesat di India. Ritual ini dijalankan dengan cara seseorang akan berpuasa tanpa makan dan minum hingga ajal menjemput. Menurut para penganutnya, ritual ini punya tujuan untuk membersihkan karma lama dan mencegah terciptanya karma baru.

Ritual Santhara ini termasuk ritual kuno yang telah dipraktikan oleh penganut sekte Jain sejak berabad-abad lalu untuk menghadapi kematian. Bagi penganutnya, Santhara adalah ujian spiritualitas tertinggi yakni cara untuk menundukkan semua nafsu dan mempersiapkan jalan yang dimurnikan menuju kematian.

Sementara itu Presiden Jain, Yuva Mahasabha Sachin Jain di India mengatakan bahwa Santhara bukan tentang kematian tapi jalan untuk mencapai Moksha yang merupakan cara untuk menghargai hidup dan mati. Ritual ekstrem ini sebenarnya hanya bisa dilakukan atas izin dari guru spiritual dan keluarga yang bersangkutan. 

Bagi para penganut sekte ini, Santhara adalah simbol penyerahan diri menuju puncak ketenangan dan ketentraman dan meninggalkan hal-hal duniawi. Menurut mereka, Santhara harus dilakukan dengan dilandasi niat spiritual bukan untuk mengakhiri hidup dengan cepat ataupun dengan kekerasan.

Ritual Santhara

Pada mulanya orang yang melakukan Santhara tersebut berpuasa seperti biasa dengan asupan makanan padat dan minuman dalam takaran yang sedikit. Secara bertahap mereka akan mengurangi porsi makanan dan cukup dengan air minum saja sampai akhirnya berhenti minum air.

Normalnya perjalanan ritual ini berlangsung selama 30-35 hari karena pada dasarnya kematian akan menghampiri secara alami. Selama menghabiskan masa-masa sulit tersebut mereka akan didengarkan dengan tulisan suci, meditasi dan introspeksi diri hingga  benar-benar mati kelaparan.

Viral di Media Sosial

Tewasnya satu keluarga di Kalideres tersebut pun jadi viral diperbincangan di media sosial. Akun @Askrlfess turut mencurigai tewasnya satu keluarga tersebut seperti cerita dalam film dokumenter Netflix berjudul “House of Secrets: The Burari Deaths”.

Dugaan menjalani ritual Santhara itu juga muncul dalam cuitan tersebut dari seorang warganet yang menanyakan perihal keanehan dan kejanggalan kematian satu keluarga yang pada mulanya diduga mengalami kelaparan dan dehidrasi tersebut.

[Askrl] dari awal pas muncul berita ini aku jg kepikirannya mirip2 documentary n3tflix the burari deaths (sekeluarga g4ntung diri utk suatu ritual) gataunya bener ada dugaan,” bunyi cuitan akun @Askrlfess pada Kamis (17/11/2022) disertai tangkapan layar pemberitaan online tentang pembahasan kasus tewasnya satu keluarga Kalideres.

Sebagai informasi, kasus Burari Deaths sendiri sudah diangkat menjadi dokumenter oleh Netflix dengan judul House of Secrets: The Burari Deaths. Dokumenter ini sudah ditayangkan sejak 8 Oktober 2021 di Netflix dan hadir dengan tiga episode. 

Burari deaths merupakan kisah kematian satu keluarga di Burari, New Delhi, India. Dalam Burari deaths, keluarga Chindawat meninggal dunia dengan cara ritual bunuh diri massal. 

Sepuluh orang anggota keluarga meninggal dengan cara menggantungkan diri dengan kaki hampir menyentuh lantai. Sementara itu satu orang lansia yang merupakan nenek dan anggota tertua di keluarga ditemukan meninggal dunia di dalam kamar. Kasus ini terungkap pada Juli 2018 dengan total ada 11 korban bunuh diri massal dalam kejadian ini.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *