Kejutan Pilpres 2024 Versi Pengamat: Anies Baswedan Berpasangan dengan Ganjar Pranowo, Lawan Prabowo-Puan

Suara.com – Peta politik jelang Pemilihan Umum 2024 masih belum bisa diprediksi. Namun polarisasi di kalangan akar rumput seolah sudah terbentuk, dengan dua poros utamanya adalah pro-Anies Baswedan dan pro-Ganjar Pranowo.

Namun polarisasi semacam ini sebaiknya segera disudahi. Sebab menurut Pengamat Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun, bisa jadi kedua tokoh itu akan berdampingan di Pemilihan Presiden 2024.

Lantas, atas dasar apa Ubed mengungkap dugaan ini? Dikutip dari WartaEkonomi.co.id — jaringan Suara.com, ia mendasarkan dugaannya pada pertemuan Presiden Joko Widodo dan Anies pada Jumat (21/10/2022).

“Jangan heran kalau tiba-tiba Jokowi mulai mendesain Anies berpasangan dengan Ganjar. Itu dimungkinkan dilakukan oleh politisi, yang penting menang kan,” ujar Ubed, dikutip pada Selasa (25/10/2022).

Momen akrab Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Rakernas APPSI disorot. (Twitter/@ganjarpranowo)

Koordinasi untuk menduetkan Anies dan Ganjar, menurut Ubed, juga tampak dari sang Gubernur Jawa Tengah yang dipanggil oleh DPP PDIP dengan agenda mengklarifikasi pernyataan kesiapannya menjadi capres.

Tak berhenti sampai di situ, Ubed menduga masih ada kejutan lain yang menanti di Pilpres 2024. Sebab pasangan lawan yang akan melawan Aneis-Ganjar juga tak kalah mengejutkan.

Ubed menduga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bisa bertindak nekat dengan mengusung putrinya, Puan Maharani, di Pilpres 2024. Nantinya Puan akan dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri depan) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan depan) beserta jajaran petinggi partai saat melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp]
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri depan) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan depan) beserta jajaran petinggi partai saat melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp]

Bila hal ini benar terjadi, menurut Ubed, bisa sekaligus mengakhiri polarisasi yang menguat sejak Pilpres 2019 lalu. Selain itu, jika Anies-Ganjar benar-benar melawan Prabowo-Puan, maka sudah bisa dipastikan pemenangnya siapa.

“Saya melihat kemungkinan besar pasangan Anies dan Ganjar yang menang,” tutur pengamat politik lulusan Pascasarjana Universitas Indonesia tersebut.

Bila Anies dan Ganjar keluar sebagai pemenang Pilpres 2024, Ubed juga menduga akan langsung terbentuk oposisi yang kuat. “Oposisi besar akan terbentuk, yakni PDIP dan Gerindra. Jadi itu kemungkinannya,” pungkasnya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *