Niat Sholat Istikharah dan Daftar Surat yang Dianjurkan Dibaca

Suara.com – Ketika seorang Muslim merasa bimbang dengan jalan hidup yang dihadapi, maka dianjurkan untuk mengerjakan sholat istikharah agar diberikan petunjuk. Selain memperhatikan bacaan niat sholat istikharah, ada pula beberapa surat yang disarankan dibaca ketika mendirikan sholat ini.

Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon pertolongan Allah SWT agar diberikan petunjuk. Sholat ini dikerjakan sebanyak dua rakaat.

Ada banyak problematika kehidupan yang seringkali ditemui, seperti salah satunya bingung menentukan orang mana yang akan dinikahi. Maka untuk memantapkan hati dianjurkan untuk mengerjakan sholat istikharah ini.

Secara umum, tata cara mengerjakan sholat istikharah sama seperti sholat pada umumnya. Perbedaan utama hanya terletak pada bacaan niat sholat istikharah serta bacaan doa setelah sholat istikharah.

Niat Sholat Istikharah

Berikut bacaan niat sholat istikharah latin beserta artinya yang dibaca sebelum mengerjakan sholat. Bacalah dengan penuh kesungguhan dan kekhusyukan.

“Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya: “saya berniat salat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Surat yang Dibaca saat Sholat Istikharah

Saat melakukan sholat istikharah, seorang Muslim dianjurkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah.

Setelah itu, dirakaat kedua dianjurkan membaca surat Al Ikhlas seusai membaca surat Al Fatihah. Tujuan membaca kedua surat ini adalah sebagai bentuk keikhlasan dan berserah diri kepada Allah SWT.

Selain dua surat di atas, ada sebagian ulama yang menganjurkan membaca surat Al Qashash ayat 68-69. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al ahzab ayat 36.

Meski demikian, terlepas dari perbedaan pendapat para ulama ini, tidak ada pendapat mana yang paling benar sehingga tidak perlu diperdebatkan.

Umat Muslim bisa mengamalkan salah satu dari beberapa anjuran surat yang disarankan dibaca saat sholat istikharah.

Doa Sholat Istikharah

Setelah mengerjakan sholat istikharah, umat Muslim dianjurkan membaca doa agar diberikan petunjuk oleh Allah SWT.

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih”.

Artinya:

” Ya Allah, sesungguhnya, aku mohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku mohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkaulah Maha Kuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Maha Tahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, juka Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya.

Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya”.

Demikian penjelasan mengenai bacaan niat sholat istikharah, surat yang dibaca saat sholat hingga doa sesudahnya. Semoga dapat menambah wawasan Anda.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *