Pujian Lengkap Jokowi untuk Muhammadiyah, Dari Pandemi Covid-19 Hingga Pendidikan

Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara pembukaan Muktamar Muhammadiyah di Solo, Sabtu (19/11/2022). Dalam pidatonya, Jokowi melemparkan sejumlah pujian untuk Muhammadiyah.

Awalnya, Jokowi menyampaikan terima kasih untuk Muhammadiyah dan Aisyiyah yang sudah membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 selama tiga tahun terakhir. Muhammadiyah disebut Jokowi sudah menggerakan lebih dari 120 rumah sakit dan 235 klinik kesehatan untuk memberikan edukasi, pengobatan hingga vaksinasi untuk masyarakat.

“Alhamdulilah Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, kita juga termasuk negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia karena kita telah menyuntikkan lebih dari 440 juta dosis vaksin pada masyarakat,” kata Jokowi sebagaimana dikutip melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu.

Kemudian, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah yang sudah berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Sejauh ini tercatat ada 170 lebih perguruan tinggi, 1.364 SMA sederajat, 1.826 SMP, 2.817 SD dan 20.233 TK, PAUD serta kelompok bermain milik Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa warga di sela-sela perhelatan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (19/11/2022). [Foto: Muchlis Jr – Biro Pers Sekretariat Presiden]

Muhammadiyah juga diketahui memiliki 440 pesantren. Jokowi berharap melalui lembaga pendidikan, Muhammadiyah bisa terus menyebarkan Islam yang berkemajuan.

“Islam yang penuh dengan nilai-nilai toleransi, Islam yang menjaga persatuan, Islam yang menjaga persaudaraan dan perdamaian sesuai ajaran Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, mantan Wali Kota Solo itu menitipkan kepada Muhammadiyah dan Aisyiyah soal penguatan pendidikan bagi pembangunan yang berkelanjutan dan pembangunan yang ramah lingkungan.

Jokowi menegaskan bahwa ketergantungan manusia pada alam begitu tinggi apalagi potensi alam di Indonesia yang sangat besar. Oleh sebab itu, ia meminta agar masyarakat bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

“Saya mengharapkan bantuan dari bapak, ibu semua selain habluminallah, habluminanas, mohon diperkuat dengan hambluminalam yang menekankan pentingnya kelestarian alam, yang menekankan pentingnya kelestarian lingkungan.”



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *