Rekam Jejak Karier Wishnutama, Sosok di Balik Kesuksesan Gala Dinner KTT G20

Suara.com – Wishnutama menuai banyak pujian usai menjadi sosok di balik megahnya gala dinner di acara Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Selasa (15/11/2022) malam.

Para kepala negara disebut-sebut terpukau dengan gala dinner yang telah disiapkan oleh Wishnutama. Para peserta yang merupakan orang-orang penting ini tampak larut dalam alunan musik, sampai turut mengalun dan menggoyangkan kepala pada malam tersebut.

Hal itu tidak terkecuali dengan Presiden China Xi Jinping yang terpukau dengan persembahan berbagai tarian sampai dengan nyanyian lagu nusantara Indonesia.

Saking terpukaunya, saat acara sudah berhenti, XI Jinping langsung mendatangi Presiden Jokowi dan mengangkat dua tangannya, menandakan ia takjub dan kagum dengan pertunjukkan megah tersebut.

Dalam gala dinner tersebut, setidaknya lebih dari 200 penari tampil dan berdentang, memberikan berbagai atraksi yang menggambarkan kekayaan dan keragaman warisan budaya bangsa Indonesia.

Bahkan, pada malam tersebut, tampak Presiden Joko Widodo memanggil Wishnutama dikarenakan Perdana Menteri Indonesia, Modi, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, penasaran dengan siapa sosok di balik megahnya acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Wishnutama mendatangi PM India dan Menlu AS tersebut dengan perbincangan yang singkat.

Lantas, seperti apakah rekam jejak karier dari Wishnutama yang menjadi sosok di balik megahnya gala dinner di GWK tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Wishnutama pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan juga Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di era Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Namun, pada saat adanya reshuffle kabinet, Presiden Jokowi mencopot Wishnutama sebagai Menparekraf. Ia digantikan oleh Sandiaga Uno yang merupakan rival Presiden Jokowi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2022.

Dengan lapang dada, Wishnutama pun kemudian mengucapkan selamat kepada Sandiaga Uno yang terpilih untuk menggantikan posisinya dalam pengumuman reshuffle kabinet yang digelar di Istana Kepresidenan.

Ini diucapkan dalam akun resmi Instagramnya. Unggahan tersebut menampilkan sebuah gambar, di mana Wishnutama dan Sandiaga Uno yang bersanding untuk berfoto bersama.

Wishnutama tampak mengenakan kemeja berwarna biru. Sedangkan Sandiaga Uno tampak mengenakan kemeja batik berwarna merah dan kuning.

Wishnutama sendiri lahir di Jayapura, Papua pada tanggal 4 Mei 1976. Tidak sedikit orang yang mengetahui namanya. Ia dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO dari NET TV.

Ia kemudian mulai bekerja pada dunia pertelevisian pada tahun 1994, di stasiun TV Indosiar yang saat itu masih dimiliki oleh PT EMTEK milik Eddy Kusnadi Sariaatmadja. Kala itu, ia menduduki jabatan sebagai Supervisor On Air Promotion. 

Setahun menduduki jabatan tersebut, Wishnutama kemudian pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant.

Di dunia media, karier Wishnutama semakin membentang pada saat ia diangkat menjadi Production Manager dan melahirkan sejumlah program andalan di saluran TV tersebut, seperti misalnya Pesta, Gebyar BCA, Patrol, Satu Jam Bersama, dan Saksi.

Kemudian, pada tahun 2001, Wishnutama berpindah ke Trans TV dan menduduki jabatan sebagai Kepala Divisi Produksi. Dua tahun berselang, namanya semakin bersinar setelah ia diangkat menjadi Direktur Operasional.

Satu tahun berlalu, Wishnutama diangkat menjadi Wakil Direktur Utama atau Managing Director. Tak sampai di situ, ia juga diketahui sempat menjadi Direktur utama TV 7 yang kemudian berubah nama menjadi Trans 7.

Selang dua tahun, Wishnutama kemudian diangkat menjadi Direktur Utama Trans TV.

Beberapa program-program andalan yang diproduksinya selama ia berada di Trans Corp yaitu Extravaganza, Dunia Lain, Termehek-mehek, Opera van Java, On The Spot, dan Indonesia Mencari Bakat.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh Wishnutama, baik skala nasional maupun Asia, diantaranya seperti asian Television Award dan Panasonic Award.

Ia juga berhasil menyabet gelar The Best CEO in Indonesia 20210 pilihan majalah SWA dan Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay dan Media Sector pilihan MarkPlus.

Berhasil meraih berbagai pencapaian, Wishnutama pun kemudian memberanikan diri untuk mendirikan perusahaannya sendiri yaitu NET Mediatama Televisi.

Lima tahun berikutnya, Wishnutama dipercaya untuk menjadi Creative Director atau Sutradara Kreatif dalam Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018.

Tidak hanya aktif dalam bidang broadcasting, Wishnutama juga menyukai bidang musik. Ia pun membentuk dan menjadi pemain dalam band Soulful Corp.

Berikut rincian karier yang pernah digeluti oleh Wishnutama:

  • Production Assistant, New England Cable News, Amerika Serikat pada tahun 1993.
  • Assistant Director On Air Promotion, WHDH-TV, INC. A CBS Affiliate, Amerika Serikat  pada tahun 1993–1994.
  • On Air Promo Supervisor, Departemen Programming, Indosiar pada tahun 1994–1995.
  • Producer Director, Departemen Produksi, Indosiar pada tahun 1995–1997.
  • Produser Eksekutif, Departemen Produksi, Indosiar pada tahun 1997–1998.
  • Kepala Seksi Non-Drama, Departemen Produksi, dan Produser Eksekutif Departemen Pemberitaan, Indosiar pada tahun 1998–1999.
  • Manajer Produksi, Indosiar pada tahun 1999–2001.
  • Kepala Divisi Produksi dan Fasilitas, PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) pada tahun 2001–2004.
  • Direktur Operasional, PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) pada tahun 2004–2006.
  • Wakil Direktur Utama/COO, PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) pada tahun 2006–2008.
  • Direktur Utama/CEO PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans 7) pada tahun 2006–2008.
  • Direktur Utama/CEO PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) pada tahun 2008–2012.
  • Direktur PT. Agranet (detik.com) pada tahun 2011–2012.
  • Komisaris PT. Televisi Anak Spacetoon pada tahun 2012–2014.
  • Presiden Direktur/CEO PT. Net Mediatama Televisi (NET.) pada tahun 2013–2019.
  • Advisory Board Members Asian Television Awards pada tahun 2016–sekarang.
  • Creative Director (Sutradara Kreatif) Ceremonies Asian Games 2018 pada tahun 2016–2018.
  • Ketua ATVNI (Asosiasi Televisi Nasional Indonesia) pada tahun 2017–2019.
  • Komisaris Kumparan.com pada tahun 2017–2019.
  • Dewan Penasihat Nasional Pramuka pada tahun 2018–2023.
  • Komisaris Tokopedia pada tahun 2019, 2021-sekarang.
  • Komisaris Utama NET  pada tahun 2019.
  • Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2019–2020.
  • Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2019–2020.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *