Sosok Kharisma Jati, Komikus Penghina Iriana dan Kontroversi Berbau 21+

Suara.com – Nama Kharisma Jati jadi tengah jadi sorotan publik usai menghina Iriana Jokowi lewat cuitan di akun @KoprofilJati. Dalam cuitannya, pria yang lebih dikenal dengan nama KJati ini mengunggah foto Iriana Jokowi bersanding dengan Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee yang belakangan dipuji karena awet muda meski berusia 50 tahun. 

Pria yang berprofesi sebagai komikus ini menuliskan caption yang dinilai menghina istri Presiden Jokowi. Ia seolah-olah menyamakan First Lady Indonesia itu dengan asisten rumah tangga atau ART, sedangkan Kim Keon Hee sebagai majikan.

“‘Bi, tolong buatkan tamu kita minum. ‘Baik, Nyonya.’,” bunyi cuitan akun @KoprofilJati pada Kamis (17/11/2022).

KJati sendiri sudah menghapus cuitan tersebut dan menyampaikan permintaan maaf lewat akun Facebook. Lantas siapa sebenarnya KJati? Yuk simak profil dan kontroversi Kharisma Jati berikut ini.

Profil Kharisma Jati

Sosok Kharisma Jati yang Hina Iriana Jokowi (Twitter/@pn7l7h)

Kharisma Jati atau lebih dikenal dengan nama KJati lahir di Yogyakarta, 30 April 1986 yang berarti kini berusia 36 tahun. KJati lahir dari keluarga seniman dengan latar belakang ayahnya seorang pelukis dan sang ibu yang berprofesi sebagai penari. 

KJati pun menyukai komik sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Diketahui ia sangat gemar dengan komik manga dan kerap meniru gaya ilustrasinya. Dari blog pribadinya, KJati juga mengakui ia buta warna. 

KJati merupakan seorang komikus dan ilustrator Indonesia. Walau tak tamat SMA, KJati  telah menjuarai lomba komik serta berpengalaman kerja di bidang desain dan animasi.

Karya KJati yang terkenal adalah Anak Kos Dodol Dikomikin yang diterbitkan pada tahun 2009-2013. Ia juga tercatat menjadi editor dan kontributor majalah komik sejak tahun 2012. Hingga saat ini, KJati masih aktif membuat karya komik dan ilustrasi di berbagai penerbitan. 

Kontroversi Kharisma Jati

Sosok Kharisma Jati yang Hina Iriana Jokowi (Twitter/@pn7l7h)
Sosok Kharisma Jati yang Hina Iriana Jokowi (Twitter/@pn7l7h)

KJati pernah membuat heboh usai mengunggah komik kontroversial pada tahun 2016. Ia membuat komik asusila yang menggambarkan seorang perempuan mengajak anak untuk menjadi pemuas hasrat seksualnya.

Selain itu, karakter di komik itu disebut-sebut mirip karakter milik komikus perempuan Indonesia lain.

Bukan hanya itu, panel terakhir komik God You Must Be Joking milik KJati, ada adegan tokoh Gigi Dua yang mengatakan “Wanita amoral”. Panel komik yang kontroversial ini menuai kecaman dari industri komik di Indonesia hingga KJati akhirnya menghapus komik tersebut.

Terbaru, KJati mengunggah meme di Twitter berisi foto Ibu Iriana dan istri Presiden Korea Selatan, Kim Kun Hee. Ia menulis keterangan yang dianggap warganet menghina Ibu Negara Iriana Jokowi. 

Walau kini unggahannya telah dihapus, cuitan klarifikasi dari KJati dibalas dengan tegas oleh kedua putra Iriana yakni Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

Akun media sosial KJati sendiri pun kini hilang. Sementara itu perdebatan soal tindakannya masih jadi perbincangan panas warganet.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *