Survei Polmatrix: Ganjar Teratas, Prabowo Unggul Tipis Atas Anies, Elektabilitas AHY sebagai Cawapres Naik

Suara.com – Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) masih tetap unggul atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Elektabilitas ketiganya telah berada di atas 20 persen.

Namun demikian, persaingan ketiganya dalam bursa capres semakin ketat. Hal itu berdasar hasil survei Polmatrix pada 17-22 Oktober 2022 yang disampaikan Direktur Eksekutir Polmatrix Indonesia, Dendik Rulianto.

“Ganjar, Prabowo, dan Anies bersaing ketat di posisi tiga besar capres dengan elektabilitas masing-masing di atas 20 persen,” kata Dendik Rulianto dalam hasil survei yang diterima, Sabtu (29/10/2022).

Berdasar hasil survei capres yang dirilis Polmatrix, Ganjar unggul dengan elektabilitas mencapai 23,2 persen.

Disusul Prabowo 21,7 persen yang unggul tipis atas Anies yang meraih 21,3 persen. Dengan capaian elektabilitas tersebut, Dendik mengatakan persaingan ketat terjadi antara Ganjar, Prabowo, dan Anies.

Dendik mengungkapkan, kika melihat tren sepanjang tahun 2022, peta kompetisi antara ketiga figur sangat dinamis.

Ketiganya sama-sama pernah memimpin pada peringkat pertama. Dengan poin ketiganya sudah menembus 20 persen, membuat jarak elektabilitas dengan nama-nama lain makin lebar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. [Dok]

“Ganjar, Prabowo, dan Anies hampir pasti bakal diusung sebagai capres. Sedangkan nama-nama seperti Agus Harimurti Yudhoyono (5,1 persen), Ridwan Kamil (4,7 persen), dan Sandiaga Uno (3,6 persen), harus puas berebut posisi cawapres,” kata Dendik.

Di antara ketiga nama tersebut, AHY berpeluang kuat untuk mendapat tiket jika koalisi Demokrat bersama PKS dan NasDem berhasil terbangun.

Dilihat dari tren elektabilitas, Dendik menilai Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno mengalami pelemahan sepanjang tahun 2022.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *