Tetap Dekat dengan Megawati, JK Ogah Disamakan dengan SBY

Suara.com – Mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, mengungkapkan hubungannya dengan Megawati Soekarnoputri tetap dekat dan terjaga walau keduanya pernah menjadi lawan di pemilihan presiden 2004 lalu.

JK mengatakan ia terus berusaha menjaga hubungan baik dengan Megawati di tengah dinamika perpolitikan dalam negeri, dan dalam hal ini, ada langkah-langkah khusus yang ia coba lakukan.

“Saya 2004 saya kalahkan dia. Saya menteri, saya mohon, permisi. Kenapa sampai sekarang saya tetap punya hubungan baik, Bu Mega juga baik dengan kita semua, padahal saya lawan dia di 2004,” sebut JK di podcast YouTube RGTV channel ID, seperti dikabarkan Warta Ekonomi pada Jumat (25/11).

Ia membandingkan kondisinya dengan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disebut-sebut punya hubungan yang kurang baik dengan Megawati.

“SBY tidak disenangi karena tidak minta izin, saya minta izin dengan baik,” sambungnya. “Itu hanya cara saja sebenarnya, untuk berhubungan [baik].”

Akibat pengalaman tersebut, JK meyakini cara berkomunikasi sangat vital dan menentukan dalam karir berpolitik seseorang. Ia turut membandingkan antara sosok Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang memiliki gaya berkomunikasi yang berbeda. Anies, menurutnya, berhasil meraih simpati publik dengan cara bicaranya.

“Kalau boleh mengatakan, kenapa Anies ini [disenangi publik] karena cara dia berbicara,” tutur JK. “Walaupun dikatakan oleh Ahok, ‘Wah karena pintar bicara, pintar ngomong’. Ya [lebih] mana suka, yang pintar bicara atau pintar marah? Ahok kan marah,” tambahnya.

Mantan wapres yang pernah mendampingi SBY dan Presiden Joko Widodo itu memang diketahui memiliki kedekatan yang cukup baik dengan Anies Baswedan. Ia bahkan disebut-sebut sebagai bapak asuh Anies yang banyak membimbing karier politik sang mantan Gubernur DKI Jakarta.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *