Tiga Kepala Negara Ini Tak Hadir di KTT G20, Apa Alasannya?

Suara.com – Luhut Binsar Panjaitan selaku Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 memastikan ada tiga kepala negara yang absen pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar pada 15-16 November 2022 mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) ini menyebut ada 17 pemimpin yang akan hadir di KTT G20 2022 di Nusa Dua Bali. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengatakan ada 17 negara yang dipastikan hadir dalam KTT G20 Bali. Diketahui G20 merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Yuk simak kepala negara yang hadir dan tidak hadir di KTT G20 2022 berikut ini.

Daftar Kepala Negara Yang Hadir di KTT G20 Bali

  1. Joe Biden (Presiden Amerika Serikat)
  2. Xi Jinping (Presiden China)
  3. Justin Trudeau (Perdana Menteri Kanada)
  4. Rishi Sunak (Perdana Menteri Inggris)
  5. Giorgia Meloni (Perdana Menteri Italia)
  6. Yoon Suk Yeol (Presiden Korea Selatan)
  7. Salman bin Abdulaziz Al Said (Raja Arab Saudi)
  8. Anthony Albanese (Perdana Menteri Australia)
  9. Recep Tayyip Erdogan (Presiden Turki)
  10. Alberto Fernandez (Presiden Argentina)
  11. Narendra Modi (Perdana Menteri India)
  12. Cyril Ramaphosa (Presiden Afrika Selatan)
  13. Fumio Kishida (Perdana Menteri Jepang)
  14. Olaf Scholz (Kanselir Jerman)

Daftar Kepala Negara Yang Tidak Hadir di KTT G20 Bali

Luhut menyampaikan pemimpin yang dipastikan tak akan hadir dalam KTT G20 adalah Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia menyebut Putin tak bisa hadir karena ada masalah yang harus diselesaikan di dalam negerinya.

Selain itu ada Presiden Brasil, Jair Bolsonaro yang juga dipastikan tidak akan hadir. Hal ini karena kini di Brasil masih dalam masa transisi setelah Pemilu beberapa waktu lalu.

Pemimpin lain yang tak bisa hadir yakni Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador. Luhut menyebut Presiden Meksiko memang tidak pernah keluar dari negaranya.

Tema KTT G20 Bali 2022

Tema yang diusung dalam KTT G20 adalah “Recover Together, Recover Stronger”. Dengan tema tersebut, Indonesia sebagai tuan rumah ingin mengajak seluruh dunia agar saling mendukung untuk pulih bersama dan tumbuh lebih kuat terlebih dalam bidang perekonomian. 



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *