Update Bocoran Gaji CPNS 2023 Lulusan SMA Sederajat, Jangan Kaget!

Suara.com – Pada periode penerimaan CPNS 2023, tidak sedikit formasi yang dibuka untuk lulusan SMA agar bisa turut serta masuk menjadi Aparatur Sipil Negara alias ASN. Beberapa kantor dan lembaga membuka lowongan ini pada periode mendatang. Penasaran dengan gaji CPNS 2023 lulusan SMA sederajat? Anda bisa simak bocorannya di sini.

Perekrutan lulusan SMA sederajat ini sendiri dikonfirmasi oleh Menpan RB, bahwan kementeriannya akan membuka formasi untuk  lulusan tersebut. Persaingan yang diharapkan akan menjadi sehat, karena akan terjadi pada sesama lulusan SMA sederajat.

Gaji CPNS 2023 Lulusan SMA Sederajat

Untuk perkiraannya sendiri, gaji pokok yang akan diberikan adalah berkisar antara Rp 2.022.200 hingga Rp 3.820.000. Gaji ini diberikan pada lulusan SMA sederajat yang masuk pada kategori Golongan II, dengan nilai terendah dan tertinggi pada angka tersebut.

Jelas, pada CPNS baru, gaji yang diterima akan ada di angka terendah yang diberikan di atas tadi. Hal ini karena masa kerja yang dimiliki 0 tahun, dan statusnya baru terangkat menjadi ASN. Gaji ini diluar tunjangan yang diperoleh, tergantung dengan kebijakan masing-masing lembaga atau kementerian.

Persiapkan Diri, Cermati Syarat CPNS 2023 Lulusan SMA

Untuk lulusan SMA dan sederajat, syarat yang diterapkan adalah sebagai berikut.

  • Merupakan WNI yang sudah dewasa, dibuktikan dengan kepemilikan e-KTP atau Surat Keterangan Perekaman KTP
  • Kartu Keluarga
  • Ijazah SMA, SMK, MA, atau Paket C
  • Transkrip Nilai, menyertakan Nilai Ujian Nasional dan Nilai Ujian Sekolah
  • Pas foto dengan latar berwarna merah dengan menggunakan kemeja putih polos, dan setengah badan
  • Akta Kelahiran dari Disdukcapil

Untuk salah satu formasi yang dibuka bagi lulusan SMA dan sederajat, yakni penjaga tahanan, syarat tambahannya adalah sebagai berikut.

  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita, dan 165 cm untuk pria
  • Tidak bertato, tidak bertindik, atau bekasnya. Kecuali untuk atribut adat tertentu, namun harus menyertakan surat keterangan dari pemangku adat terkait
  • Berusia paling rendah 18 tahun, dan paling tinggi 28 tahun
  • Status perkawinan tidak dipermasalahkan
  • Tidak ada batasan nilai bagi pelamar
  • Surat lamaran dan pernyataan melamar akan disediakan saat formasi dan pendaftaran sudah dibuka

Jelas nantinya akan ada perbedaan jumlah gaji antara lulusan SMA dan lulusan S1. Namun hal ini adalah wajar, mengingat jenjang pendidikan yang berbeda dan golongan yang berbeda saat masuk menjadi ASN nantinya.

Itu tadi informasi singkat mengenai gaji CPNS 2023 lulusan SMA sederajat yang bisa disampaikan dalam artikel singkat ini. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas!



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *