Usulan Agar Cendekiawan Muslim Buya Syafii Maarif Mendapat Gelar Pahlawan Nasional Banjir Dukungan

Suara.com – Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan partainya mendukung usulan agar cendekiawan muslim Buya Syafii Maarif mendapatkan gelar pahlawan nasional.

“(Beliau) selalu menekankan, jalankanlah politik inklusif. Kita hormati pluralitas, kebhinnekaan. Karena hakikat bangsa kita seperti itu. Jangan lupa kita merawat Islam dan kebangsaan dalam satu tarikan napas,” kata Eddy, hari ini.

Usulan gelar pahlawan untuk Buya Syafii datang dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Sijunjung, kemudian dari DPP Garda Pemuda Nasional Demokrat.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta Gita Danu Pranata menilai usulan itu sudah tepat.

“Sangat mendukung dan sangat berupaya untuk dapat mengangkat Buya Syafii sebagai pahlawan nasional, kita semuanya tahu peran-peran kebangsaan, peran-peran keumatan, dan pengakuan dari masyarakat sangat besar terhadap Buya Syafii,” katanya.

Perjuangan Buya Syafii dalam membangun kerukunan antar-umat beragama tidak hanya diakui di kancah nasional. Selain pernah menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii juga pernah menjabat Presiden Konferensi Dunia Agama untuk Perdamaian (World Conference on Religion for Peace).

“Sampai sekarang yang mengenang jasa perjuangan buya kan banyak sekali, termasuk dari umat agama lain,” ujar dia.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *