Bisnis  

5 Ide Bisnis Tahan Resesi, Bisa Jadi Sumber Pendapatan Saat Krisis

Suara.com – Indonesia diperkirakan akan terseret dalam tahun resesi pada 2023 mendatang bersama dengan negara-negara lain di seluruh dunia. Walau demikian, bisnis akan tetap menggeliat meskipun tidak sekencang tahun-tahun sebelumnya. Ekonomi yang semakin melemah juga membuat ide bisnis tahun resesi mesti makin kreatif. Pasalnya, di tahun resesi orang-orang akan lebih ketat dalam membelanjakan uang. 

Tahun resesi bukan berarti menyurutkan semangat untuk memulai bisnis. Hanya saja perlu penyesuaian tentang bisnis apa yang ingin dijalankan. Di tahun saat pengaturan uang semakin ketat, bisnis yang menjual kebutuhan pokok bisa menjadi jawabannya. Berikut ini beberapa contoh ide bisnis tahun resesi yang bisa dijalankan. 

1. Jual Sembako

Sembako atau sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan utama yang bakal tetap eksis tak peduli kondisi ekonomi. Setiap orang butuh makan selama dia hidup, sehingga jualan sembako menjadi bisnis tahun resesi yang cukup aman. Bisnis ini memang butuh modal cukup besar. Namun, jika modalnya kecil, kamu bisa memilih salah satu di antara sembilan bahan pokok tersebut. Misalnya hanya jualan beras saja. 

Jualan beras pun tak begitu sulit. Cukup ambil beras karung dari tempat penggilingan kemudian pasarkan secara eceran. Sebagai langkah awal, pemasaran bisa dilakukan untuk tetangga dekat.

2. Kursus Online 

Pendidikan merupakan kebutuhan prioritas bagi masyarakat saat ini. Kursus-kursus yang menambah skill, khususnya yang menunjang pekerjaan seperti skill bahasa asing atau jualan. Bagi kamu yang memiliki keahlian ini manfaatkan dengan baik untuk menghasilkan cuan. Kalau kamu tidak bisa membuka sendiri kelas tersebut, bergabung dengan lembaga jasa juga bisa menjadi pilihan. 

3. Penitipan Anak atau Daycare 

Di masa resesi ekonomi pencari kerja akan bertambah. Orang-orang juga masih memprioritaskan karier untuk mendapatkan penghasilan. Bagi keluarga dengan anak, mencari penitipan atau daycare pasti menjadi tantangan tersendiri. Kamu bisa menjadikan peluang ini sebagai bisnis. Tawarkan daycare dengan fasilitas yang bikin betah anak-anak dan menarik hati orang tuanya. 

4. Dropshipper 



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *