Bisnis  

Aliran Modal Asing Kembali Deras Masuk ke Minggu Kedua November Sebesar Rp3,97 Triliun

Suara.com – Bank Indonesia (BI) mencatat adanya aliran modal asing yang masuk ke dalam negeri pada minggu kedua November. Data transaksi pada periode 7 – 11 November 2022, modal asing di pasar keuangan domestik beli bersih sebesar Rp3,97 triliun.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, aliran modal asing yang masuk tersebut terdiri dari jual bersih di pasar SBN sebesar Rp10 miliar dan beli bersih di pasar saham sebesar Rp4,07 triliun.

“Selama tahun 2022, berdasarkan data setelmen hingga 10 November 2022, nonresiden jual bersih Rp173,11 triliun di pasar SBN dan beli bersih Rp78,39 triliun di pasar saham,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Erwin menuturkan, masuknya aliran modal asing pada periode tersebut membuat kinerja rupiah menguat. Tercatat, Rupiah pada pembukaan Jumat pagi berada di level Rp15.540 melemah dibandingkan penutupan Kamis kemarin di level Rp15.690.

“Sedangkan, tingkat imbal hasil atau yield SBN 10 tahun di level 7,07%,” katanya.

Sementara di sisi lain, berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu II November 2022, perkembangan harga sampai dengan minggu kedua November 2022 diperkirakan inflasi sebesar 0,11% (mtm)

Komoditas utama penyumbang inflasi November 2022 sampai dengan minggu kedua yaitu telur ayam ras sebesar 0,02% (mtm), daging ayam ras, tempe, tomat, sawi hijau, jeruk, tahu mentah, minyak goreng, beras, bawang merah, air kemasan dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

Sementara itu, sejumlah komoditas yang menyumbang deflasi pada periode ini yaitu cabai merah sebesar -0,08% (mtm), cabai rawit sebesar -0,03% (mtm), bawang putih sebesar -0,01% (mtm).



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *