Bisnis  

Argentina Ternyata Warganya Banyak yang Jadi Pemulung, Beda dengan Arab Saudi

Suara.com – Piala Dunia 2022 resmi dimulai, pesta sepakbola 4 tahunan ini mulai mempertandingkan babak pengisian group. Pada hari Selasa (22/11/2022) Group C akan mempertemukan Argentina Vs Arab Saudi pukul 17:00 Wib nanti.

Namun dibalik laga tersebut ada sejumlah fakta menarik terkait ekonomi dua negara tersebut.

Argentina misalnya, ternyata negara Lionel Messi ini sedang mengalami goncangan ekonomi yang cukup berat. Dari sisi inflasi Argentina sedang mengalami lonjakan yang cukup hebat.

Pada Oktober bulan lalu Argentina belum merilis data inflasinya, tapi data terakhir September lalu tercatat 83 persen atau naik dari Agustus sebesar 78,5 persen.

Inflasi Argentina memang terus mengalami lonjakan sejak dua tahun lalu. Pada akhir 2020 inflasinya tercatat 35 persen, namun sejak masuk 2021 terus terkerek hingga mencapai 83 persen.

Tahun ini, inflasi Argentina bahkan diprediksi bisa tembus 100 persen. Tercermin dari kondisi negara itu, di mana banyak warganya yang mencari pendapatan tambahan dengan menjadi pemulung.

Sementara itu disisi lain kondisi Arab Saudi bak bumi dan langit dengan Argentina, pasalnya negara Timur Tengah tersebut sedang menikmati booming harga minyak dunia.

Dengan rata-rata harga minyak lebih dari US$100 per barel tahun ini, maka ekonomi Arab Saudi adalah yang tumbuh paling cepat di antara negara-negara Kelompok 20.

Sebagai gambaran, Produk domestik bruto (PDB) Arab Saudi tumbuh 11,8 persen pada kuartal kedua 2022, ketika ekonomi non-migas tumbuh 5,4 persen atau lebih besar dibanding akhir 2019, sebelum pandemi melanda.

Perusahaan energi milik negara, yakni Saudi Aramco telah melaporkan laba penyesuaian kuartalan terbesar dari setiap perusahaan yang terdaftar secara global. Miliaran dolar mengalir ke kas Saudi dan meningkatkan investasi negara, sehingga meningkatkan sentimen di sektor swasta yang bergantung pada kontrak pemerintah.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *