Bisnis  

Curah Hujan Lagi Tinggi, Ini Tips Pilih Asuransi Kendaraan Yang Melindungi dari Risiko Banjir

Suara.com – Akhir tahun, curah hujan di berbagai wilayah Indonesia biasanya lagi tinggi-tingginya. Peningkatan curah hujan ini tentu saja bakal diikuti dengan meningkatnya risiko banjir. Alhasil, para pemilik kendaraan bermotor perlu lebih waspada.

Bagi kamu yang tinggal di kawasan rawan banjir, mungkin kamu baru terpikir untuk membeli asuransi kendaraan yang melindungi dari risiko banjir. Nah, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia membeberkan tips yang perlu kamu ketahui saat memilih asuransi kendaraan, agar terlindungi dari musibah banjir.

1. Kenali Reputasi Perusahaan

Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang akan kamu pilih mempunyai reputasi yang baik. Penilaian atas reputasi ini dapat dilihat dari berbagai aspek, misalnya: apakah perusahaan tersebut banyak direkomendasikan oleh orang-orang terdekat kita? Lalu, apakah perusahaan tersebut memiliki rekam jejak yang baik? Apakah perusahaan tersebut banyak menerima keluhan dari nasabahnya di surat kabar?

Hal-hal seperti ini sedikit banyak bisa membantu kita yang awam terhadap asuransi. Baru setelahnya bagi kita yang mengerti mengenai aspek finansial, bisa memeriksa laporan keuangan perusahaan tersebut untuk melihat kekuatan modal dan kemampuannya membayar klaim.

2. Jangan Berpatokan pada Harga Premi

Kita tentunya kenal dengan istilah “ada uang, ada barang”. Memang tidak dapat dipungkiri, untuk mendapatkan kualitas yang baik, kita kerap kali harus mengeluarkan uang lebih banyak. Namun kita juga seringkali tergiur dengan penawaran asuransi yang menyebutkan bahwa dengan premi yang murah, namun manfaatnya tetap banyak. Siapa yang tidak tergiur?

Nah, ada baiknya kamu selalumemeriksa dengan teliti seluruh ketentuan yang diberikan di dalam polis. Biasanya dari situ akan terlihat bahwa sebenarnya banyak risiko-risiko yang dikecualikan. Jika memang kamu menginginkan perluasan manfaat, maka akan diperlukan biaya tambahan. Ujung-ujungnya, uang yang dikeluarkan akan tetap mahal juga.

3. Menawarkan Perluasan Perlindungan (dengan tambahan premi)

Seperti disebutkan di atas, bahwa biasanya perlindungan terhadap banjir biasanya dapat diambil sebagai tambahan perlindungan. Selain banjir, perluasan perlindungan yang ditawarkan pada umumnya meliputi layanan bantuan darurat di jalan raya,, pencurian, huru hara, juga ganti rugi pihak ketiga (third party liability).



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *