Bisnis  

Erick Thohir Minta Perusahaan BUMN Promosikan UMKM ke Kancah Global

Suara.com – Dalam rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20, Kementerian BUMN mendorong agar perusahaan plat merah mengambil bagian untuk mempromosikan mitra UMKM mereka untuk dikenalkan dikancah dunia internasional.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mengenalkan produknya di salah satu siden event G20, SMEs Future Village: Local Wisdom for Global Sustainablity yang digelar pada 10-19 November 2022.

Rumah BUMN hadir untuk membawa para pelaku usaha membuka booth dan memamerkan produk mereka di sana. Pada kesempatan ini, terdapat 10 UMKM binaan BUMN yang terdiri dari Pertamina, Mandiri, BNI, Pelindo, PNM, BRI, PIHC, SIG, PLN dan juga Telkom.

Lewat staf khusus Arya Sinulingga, Menteri Erick Thohir berharap bahwa kehadiran Rumah BUMN di side event G20 ini menjadi bukti konkret atas dukungan BUMN dalam mengembangkan dan mendorong produk UMKM ke pasar global.

“Selain itu, kehadiran Rumah BUMN ini juga sebagai bentuk dukungan dari Kementerian BUMN untuk mensukseskan kegiatan G20,” kata Arya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/11/2022).

Dikatakan Arya, Erick tentu memiliki harapan besar bahwa produk UMKM tersebut bisa dikenalkan kepada para delegasi maupun tamu-tamu yang hadir selama perhelatan G20.

Produk UMKM yang hadir di bawah Rumah BUMN terdiri dari berbagai kategori termasuk fesyen, kerajinan hingga kecantikan.

Salah satu BUMN yang ikut serta adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dengan mengirim enam Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Binaan Rumah BUMN SIG Rembang.

Enam UMKM Binaan Rumah BUMN SIG Rembang yang mengikuti pameran yaitu “OKVISA Craft” kerajinan ecoprint fashion, “Mutiara Collection” kerajinan ecoprint fashion dan aksesoris, “Littlekaaya” kerajinan pakaian serta aksesoris bayi dan anak, “Falinn Fashion” kerajinan busana klasik-modern serta “Najma” dan “Batik Gunung Kendil” kerajinan batik tulis Lasem.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni menjelaskan, hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan SIG yang sejalan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) khususnya poin 8, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja produktif serta kerja layak untuk semua.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *