Bisnis  

Jokowi Luncurkan Pandemic Fund di G20: Dana yang Dikumpulkan Belum Cukup

Suara.com – Presiden Jokowi meluncurkan pandemic fund atau dana pandemi di rangkaian pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali. Adapun tujuan dari Pandemic fund agar dunia mempersiapkan diri dalam menghadapi pandemi di masa depan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya luncurkan dana pandemi ini,” ujar Presiden Jokowi ditulis Senin (14/11/2022).

Pandemic fund berkaca dari kesiapan setiap negara dalam menghadapi pandemi yang mayoritas tidak siap. Akibat ketidaksiapan itu, kondisi ekonomi dan kesehatan di setiap negara mengalami gangguan luar biasa.

Berdasarkan hal tersebut, dibentuklah Pandemic Fund yang bertujuan untuk menghadapi pandemi-pandemi lain di masa depan.

“Kita harus memastikan ketahanan komunitas internasional dalam menghadapi pandemi. Pandemi tidak boleh lagi memakan banyak korban jiwa dan meruntuhkan sendi-sendi perekonomian global,” kata Presiden Jokowi.

Selain menjalankan Pandemic Fund, Jokowi juga berharap setiap negara memperkuat arsitektur kesehatannya agar kebal terhadap pandemi maupun krisis.

“Pertama, dunia harus mempunyai kapasitas pembiayaan untuk mencegah dan menghadapi pandemi. Yang kedua, membangun ekosistem kesehatan yang tersinergikan lintas negara,” ujar Presiden Jokowi.

Adapun pembiayaan pandemic fund membutuhkan dana sebesar USD31,1 miliar setiap tahunnya untuk membiayai sistem pencegahan, persiapan, dan respon terhadap pandemi di masa yang akan datang. Angka tersebut berdasarkan hasil studi yang dilakukan Bank Dunia dan organisasi kesehatan dunia awal tahun ini.

Presiden Jokowi mengungkapkan, dana yang terkumpul masih belum mencukupi, sehingga masih diharapkan dukungan dan kontribusi yang lebih besar lagi untuk dana pandemi.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *