Bisnis  

Kebut Perbaikan Infrastruktur, Ganjar Targetkan Kondisi Jalan di Jateng 95 Persen Mulus

Suara.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menargetkan 95 persen jalan di Jateng mulus. Sebab itu, Ganjar terus mengebut perbaikan infrastruktur. 

“Untuk infrastruktur jalan, alhamdulillah dari 2.404 kilometer jalan provinsi saat ini 90 persen lebih kondisinya sangat baik. Sampai akhir tahun nanti kita targetkan mencapai 95 persen,” kata Ganjar.

Untuk mencapai target itu, Ganjar melakukan perbaikan ruas jalan dengan sistem gotong royong antar bupati/walikota. Hal itu disampaikannya saat meninjau perbaikan ruas Jalan Mulyorejo – Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng. 

“Memastikan ini bantuan keuangan (bankeu) kita berjalan baik dan ini hasilnya cukup bagus sehingga kita bisa membantu kabupaten. Bupati juga berikhtiar. Ini bagian dari cara kita kerja gotong royong. Jadi ada yang dari kabupaten, ada dari kita,” kata Ganjar. 

Adapun, Ganjar mengucurkan Rp12 miliar dari bankeu Pemprov Jateng untuk perbaikan jalan tersebut. Jalan yang diperbaiki sejauh 2,75 km dan setebal 20 cm dengan rincian lebar 6 meter pada 1,2 km pertama, sementara sisanya selebar 5,5 meter. 

Jalan tersebut merupakan penghubung antardesa dan akses menuju Bandara Ngloram. Saat ini proses pengerjaan baru mencapai sekitar 57 persen. 

Ganjar mengatakan, pembangunan jalan di antara Kabupaten Blora-Kabupaten Bojonegoro tidak hanya bersumber dari bantuan Pemprov Jateng beserta Pemkab Blora saja. Ganjar menyebut ada titik yang disokong Pemkab Bojonegoro. 

Ganjar pun mengapresiasi kerja sama yang dilakukan dua jajaran pemerintah daerah. Meskipun berbeda provinsi, Ganjar menyebut dua kepala daerah yang terlibat mendukung kemajuan kawasan, bukan hanya sekadar wilayah kerjanya masing-masing. 

“Ini model kerja sama yang menurut saya bagus karena cara berpikir kepala daerahnya adalah kawasan sehingga masyarakat akan bisa mendapatkan fasilitas itu,” kata Ganjar. 

Menurut Ganjar, kerja sama dua daerah ini dapat menyambung ekonomi kerakyatan yang tercipta di akses jalan menuju bandara yang mulai dibangun pada tahun 2018 hingga 2021 tersebut. 

“Maka ketika Bojonegoro membantu, kerja sama ini akan membikin gerakan ekonomi yang di sini akan tumbuh bersama,” kata Ganjar. 

Dalam peninjauan tersebut, Ganjar menyebut proyek peningkatan jalan ini berjalan dengan baik. Di samping itu, kata Ganjar, bahan yang digunakan dalam proyek tersebut juga berkualitas. 

Ganjar berpesan kepada jajaran untuk melaksanakan proyek akses jalan menuju Bandara Ngloram dengan integritas. Ganjar menegaskan ke jajaran untuk tidak korupsi. 

“Pesan saya jamak, ojo (jangan) dikorupsi. Jaga kualitas. Kalau cor beton gini kuat banget,” pungkas Ganjar.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *