Bisnis  

KTA VS Pinjaman Fintech, Siapa yang Menang?

Suara.com – Pinjaman bunga rendah sekarang menjadi salah satu solusi yang diambil oleh banyak orang agar dapat menyelesaikan persoalan kekurangan dana. Jangan salah, mereka yang meminjam uang tidak selalu karena hidup boros ataupun tidak bisa mengelola keuangan dan akhirnya meminjam uang.

Terdapat sejumlah kondisi yang tidak diduga dan akhirnya memerlukan dana cepat dengan jumlah cukup besar. Menggunakan sebagian besar gaji untuk memenuhi seluruh keinginan memang bisa saja dilakukan, sayangnya hal tersebut belum tentu langkah bijak.

Bisa jadi hal tersebut malah mengganggu kondisi keuangan. Jika kondisi keuangan terganggu, kebutuhan bisa tidak terpenuhi. Bila Anda membutuhkan dana cepat untuk memenuhi kebutuhan seperti renovasi rumah, menutup biaya pernikahan, KTA bank dan fintech bisa dijadikan sebagai pilihan.

Kelebihan dan Kekurangan KTA, Pinjaman Bunga Rendah

KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan layanan pinjaman bunga rendah yang disediakan bank tanpa harus menjaminkan apapun. Syarat dari pengajuan KTA ini bisa dikatakan mudah dan simple.

Bila Anda ingin meminjam uang di bank melalui produk KTA, Anda hanya perlu menyiapkan data diri, bukti penghasilan dan fotocopy kartu kredit.

Sebagai salah satu produk yang dimiliki perbankan, tentu saja KTA memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

1. Praktis
Ketika Anda ingin mengajukan KTA, Anda tidak disyaratkan harus memberikan sejumlah agunan atau asset seperti sertifikat rumah, BPKB, SK, dan berbagai barang mewah lain.

Produk KTA memungkinkan Anda tetap dapat menggunakan barang atau aset untuk keperluan lain. Contohnya, Anda masih dapat menggunakan mobil yang dimiliki, atau bisa tetap menggunakan perhiasan.

Tetapi, salah satu hal yang harus diingat adalah, meskipun tidak terdapat jaminan, Anda diharuskan membayar cicilan tepat waktu, semakin tepat waktu Anda melakukan pembayaran cicilan, akan semakin mudah Anda bekerjasama dengan pihak bank nantinya.

2. Fleksibel untuk Berbagai Tujuan
Keunggulan lain yang dimiliki oleh KTA adalah lebih fleksibel. Anda bisa mengajukan kredit untuk berbagai tujuan, Anda seperti diberi kebebasan untuk menggunakan dana kredit dan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan bahkan keinginan yang memiliki sifat konsumtif.

Namun, disarankan, untuk menggunakan pinjaman tetap berada dalam batas wajar. Jangan sampai nantinya malah muncul kredit macet.

3. Proses Pengajuan Lebih Mudah dan Cepat
Pengajuan KTA terkenal mempunyai prosedur yang lebih cepat dan mudah. Beda dengan pengajuan konvensional maupun kredit dengan jaminan yang mengharuskan evaluasi aset jaminan, survey dan lainnya.

4. Proses Pencairan Cepat
Bukan hanya memiliki pengajuan yang mudah, pencairan dana dari produk ini juga sangat cepat. Umumnya, nasabah hanya perlu menunggu waktu kurang dari satu minggu. Hal ini dapat membantu masyarakat yang memerlukan dana dengan cepat.

Sebagai sebuah produk, tentu saja KTA juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut sejumlah kekurangan yang dimilikinya, antara lain:

1. Adanya Pengenaan Biaya
Saat pengajuan KTA disetujui, nantinya nasabah harus membayar biaya, seperti biaya provisi dan biaya di muka. Besarnya biaya ini cukup beragam mulai dari 1 hingga 5 persen, bergantung dari kebijakan bank.

2. Adanya Kendala Skor Kredit
Pinjaman KTA mungkin tidak bisa cair karena kendala histori kredit atau SID. Oleh sebab itu, ketika ingin mengajukan pinjaman KTA, pastikan sudah memastikan jika skor kredit yang Anda miliki baik.

Kelebihan dan Kekurangan Fintech

Walaupun pengajuannya dilakukan secara online, meminjam uang di fintech tentu berbeda dengan mengambil pinjaman di bank. Berikut sejumlah kelebihan yang akan diperoleh ketika meminjam uang melalui fintech, antara lain:

1. Syarat Pinjaman Tidak Ribet
Fintech memiliki syarat pinjaman yang tidak ribet. Calon nasabah hanya perlu menginstal aplikasi fintech, kemudian bisa langsung melakukan pengajuan. Pengajuan juga dilakukan hanya dengan menyertakan media sosial, data diri, dan foto diri.

2. Tanpa Jaminan
Selain syarat pinjaman yang mudah, fintech umumnya juga tidak menggunakan jaminan, sehingga nasabah tetap bisa mengajukan pinjaman meskipun tidak memiliki jaminan.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, fintech tidak lepas dari berbagai kekurangan. Berikut sejumlah kekurangan yang dimiliki fintech, antara lain:

3. Bunga Tinggi
Bila dibandingkan dengan bunga KTA yang hanya 0,88% per bulan, fintech memiliki bunga yang jauh lebih tinggi. Bahkan, terkadang jika nasabah terlambat melakukan pembayaran, bunga dan denda yang diberikan bisa berlipat sehingga memberatkan nasabah.

Tentu saja adanya bunga yang tinggi ini akan sangat memberatkan. Lebih-lebih bunga yang diberikan bisa separuh dari total pinjaman yang diambil nasabah.

4. Tenor Cicilan yang Singkat
Selain masalah bunga yang tinggi, kekurangan fintech yang lainnya adalah tenor cicilan yang singkat. Tenor cicilan pinjaman hanya 6 sampai satu tahun saja. Nasabah tidak dapat memilih tenor sesuai dengan kemampuannya.

5. Limit Kecil
Bila KTA memberikan limit hingga mencapai Rp300 juta, fintech tidak demikian. Fintech memiliki limit pinjaman hanya Rp10 jutaan saja. Sehingga, pengajuan pinjaman ini tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan dan keperluan nasabah.

6. Banyak Fintech Illegal
Sekarang ini cukup banyak fintech ilegal yang bertebaran di internet. Bahkan, fintech tersebut tidak ragu mengaku jika mereka terdaftar OJK. Dengan banyaknya fintech illegal, tentu kita akan merasa kurang aman dan nyaman saat melakukan pengajuan.

Jadi Pilih Mana? Pinjam Uang di KTA atau Fintech?

Dari sejumlah pemaparan di atas, jelas bila meminjam uang melalui KTA beda dengan meminjam uang di fintech dalam segi bunga, tenor, periode dan lainnya. jika ditanya, mana yang cocok sebagai solusi saat membutuhkan pinjaman uang? Semua bergantung dari kebutuhan pinjaman tersebut.

Apakah pinjaman tersebut mendesak dan membutuhkan jumlah pinjaman yang besar? Jika Anda ingin meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup, dan dengan plafon yang besar, KTA dapat dijadikan sebagai solusi.

Salah satu hal yang menguntungkan adalah bunga KTA hanya 0,88% dan tenor mencapai 36 bulan, selain itu limit pinjaman juga mencapai Rp300 juta. Tentu saja hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Masih belum yakin meminjam uang menggunakan KTA?

Anda dapat menyimak perhitungannya. Contohnya, Anda mengambil KTA dengan bunga 0,88%, dengan tenor 12 bulan sebesar Rp100 juta. Setiap bulan, Anda harus membayar cicilan sebesar:

(0,88% x 12) x 100 Juta =

Rp11.400.000 + 100.000.000 =

111.400.000 : 12 = 9.283.333.

Sedangkan, jika meminjam dari fintech, Anda tidak akan bisa mendapatkan plafond pinjaman dengan jumlah hingga Rp100 juta. Belum lagi biaya layanan yang harus dibayar ketika menggunakan pinjaman fintech.

Jika telat membayar, nantinya Anda harus membayar sejumlah biaya keterlambatan. Jika ingin memperpanjang tenor pinjaman, terdapat biaya perpanjangan. Setelah mengetahui berbagai hal tersebut, KTA jauh lebih baik tentunya.

Jenis-jenis KTA

KTA dibagi ke dalam beberapa jenis, berikut selengkapnya:

1. KTA Reguler
KTA Reguler merupakan pinjaman tanpa jaminan yang memang disediakan untuk bank bagi masyarakat umum. Jenis KTA ini sering menjadi pilihan karena peminjam tidak harus menjadi nasabah salah satu bank terlebih dulu. Siapa saja dapat mengakses KTA dari bank tersebut.

2. KTA Payroll
Cukup banyak perusahaan yang mempergunakan sistem payroll yang berasal dari bank tertentu untuk distribusi gaji karyawannya. KTA payroll menjadi jenis KTA yang hanya bisa  diajukan oleh karyawan perusahaan tertentu yang menggunakan sistem payroll.

Contohnya, kantor Anda menggunakan sistem payroll yang berasal dari bank X, Anda dapat mengajukan KTA payroll ke Bank tersebut. Biasanya, proses pengajuan kredit yang menggunakan KTA payroll lebih cepat dicairkan.

3. KTA Dana Cepat
Jenis lainnya adalah KTA Dana Cepat. Jenis ini menawarkan proses pencairan dana yang begitu cepat. Biasanya, dana yang dapat dicairkan tidak lebih dari 1 minggu, bahkan dana bisa dicairkan hanya dalam 3 hari saja.

4. KTA Bisa Bayar Awal
Apakah Anda pernah mendengar jenis KTA ini? Seperti yang kita ketahui, terdapat biaya penalti yang akan diberikan bila melakukan pelunasan di awal atau pelunasan lebih cepat bila dibandingkan dengan tenor yang sudah disepakati.

Jenis KTA yang satu ini bebas bayar awal, sehingga meskipun Anda membayar KTA awal, Anda tidak akan dikenai biaya penalty.

5. KTA Tenor Panjang
Sesuai nama yang dimilikinya, jenis KTA ini merupakan produk pinjaman yang mempunyai jangka waktu pelunasan yang lama. Umumnya jangka waktunya lebih dari 3 tahun lamanya. KTA Tenor Panjang ini juga menjadi salah satu pilihan nasabah.

6. KTA Tanpa Kartu Kredit
Seperti nama yang dimilikinya, tanpa harus mempunyai kartu kredit menjadi syarat yang diizinkan dalam proses pengajuan KTA ini. KTA Tanpa Kartu Kredit sangat cocok bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit tetapi membutuhkan pinjaman yang besar.

Pilihan Pinjaman 300 Juta Tanpa Jaminan Anti Ribet

Jangan sampai nantinya pinjaman yang Anda pilih sebagai solusi, malah menjadi sebuah masalah baru dalam hal keuangan. Dari sejumlah perbandingan di atas, sudah jelas bukan jika KTA menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi segala keinginan Anda?

Namun, agar produk ini manfaatnya lebih maksimal dirasakan, pastikan Anda memilih pinjaman KTA yang tepat. Salah satu rekomendasi KTA yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah DBS KTA. DBS KTA menjadi salah satu solusi terbaik bagi Anda yang sedang mencari pinjaman tanpa jaminan untuk memenuhi berbagai keinginan.

Sebagai sebuah produk unggulan, KTA ini memiliki plafond pinjaman 300 juta tanpa jaminan dan memiliki suku bunga flat mulai 0,88% setiap bulan. Dengan suku bunga flat yang dimilikinya, Anda akan mencicil pinjaman dengan jumlah yang sama hingga akhir periode cicilan.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat memilih waktu tenor hingga mencapai 36 bulan, sehingga Anda bisa menyesuaikan tenor dengan kemampuan Anda mencicil. Syarat yang diberikan juga mudah. Agar bisa melakukan pengajuan, Anda harus berada di wilayah cakupan DBS KTA, yakni di Jabodetabek.

Anda juga harus mempunyai e-KTP serta NPWP, penghasilan minimal senilai Rp5 juta setiap bulan dan kartu kredit dari bank lain dengan limit minimal Rp10 juta.

Dengan sejumlah keunggulan di atas, dapat dipastikan jika pinjaman bunga rendah ini menjadi sebuah pilihan menarik yang akan membantu Anda dalam memenuhi seluruh keinginan tanpa harus memikirkan masalah dana. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat mengaksesnya di kemudian ajukan pinjaman yang Anda inginkan sekarang juga.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *