Bisnis  

Punya Penduduk Muslim Terbesar, Mampukah Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia?

Suara.com – Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi mengembangkan ekonomi syariah. Sayangnya, Indonesia saat ini masih tercatat sebagai konsumen, dan bukan sebagai produsen.

Namun, Indonesia tetap bertekad untuk menjadi pusat ekonomi syariah dunia, bahkan menjadi pusat industri halal di dunia.

Pemerintah bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) pun memiliki sejumlah program prioritas untuk pengembangan ekosistem ekonomi syariah, salah satunya menguatkan rantai nilai halal (halal value chain) Indonesia.

Penguatan rantai nilai halal atau halal value chain (HVC) merupakan bagian dari strategi utama dalam mewujudkan Indonesia yang Mandiri, Makmur, dan Madani dengan menjadi Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka Dunia.

“Alhamdulillah dari 13 program prioritas telah netes istilahnya itu 10 program prioritas,” ujar Direktur Bisnis dan Kewirausahaan KNEKS, Putu Rahwidhiyasa dalam diskusi Infobank di Jakarta, (24/11/2022).

Adapun program prioritas yang telah dilakukan KNEKS untuk mendukung penguatan halal value chain di Indonesia adalah mengembangkan sertifikasi produk halal.

Perusahaan tersertifikasi halal didominasi oleh sektor makanan sebesar 90% lebih dibanding sektor lainnya. Di samping itu, perusahaan tersertifikasi halal pada sektor farmasi dan sektor kosmetik terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Terdapat empat fokus prioritas sertifikasi halal yang kita sebut zona kuliner halal aman dan sehat, salah satunya di Rasuna Garden food Street Jakarta,” jelas Putu.

Sementara itu, Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia (BSI), Ngatari, mengatakan bahwa Indonesia saat ini telah mewakili 11,34% dari pengeluaran ekonomi halal global dengan makanan menempatkan posisi terbesar belanja Indonesia yaitu sebesar USD135 miliar.

Menurutnya, dengan peluang yang ada, BSI mampu mengejar market capital (kapitalisasi pasar) menjadi peringkat 10 dari peringkat 14 dunia di tahun 2025.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *