Bisnis  

Traveling Anti Boncos, Ini 4 Tips Perencanaan Keuangan untuk Liburan

Suara.com – Baru dapat bonus akhir tahun bukan jadi alasan kamu harus buru-buru menghabiskannya untuk membeli tiket pesawat dan memesan hotel buat liburan. Sama halnya seperti kamu melakukan pembelian besar yang mengeluarkan banyak uang, kamu harus melakukan perencanaan keuangan liburan dengan matang. Nggak mau, kan, pulang traveling kamu malah jadi boncos?

Nah, supaya momen liburan kamu nggak dibayangi dengan ketakutan kehabisan uang di tengah bulan, simak, yuk, tips dari Astra Life berikut ini mengenai langkah-langkah perencanaan keuangan untuk liburan.

1. Alokasi anggaran dan susun Itinerari

Agar tidak tercampur dengan pos keuangan lainnya. Tentukan pos keuangan khusus untuk travelling. Pastikan dana untuk liburan memang sudah disiapkan, sehingga tidak mengganggu pos keuangan lainnya. Jika sudah dipikirkan akan travelling dari jauh hari, menabung jadi cara awal yang direkomendasikan.

Setelah anggaran sudah disiapkan, itinerari jadi suatu kewajiban yang harus disusun agar liburan semakin aman dan nyaman, terutama soal dana yang sudah dialokasikan. Tentukan kota serta destinasi mana yang akan dikunjungi sesuai dengan dana yang dialokasikan.

Nah, agar alokasi dana masih sesuai rencana, tidak semua destinasi harus dikunjungi, kok. Tentukan prioritas destinasi agar tidak kehabisan waktu jika terjadi kendala di tengah perjalanan. Selain itu, cari tahu waktu kunjungan yang terbaik untuk dapat mengunjungi destinasi wisata. Rencanakan juga menginap di dekat destinasi wisata agar kamu tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya transportasi.

2. Pilih destinasi wisata dan promo akomodasi dari jauh hari

Untuk mencari destinasi wisata dengan harga terjangkau, lakukan riset terlebih dahulu untuk melihat berbagai promo. Cara ini dapat membantu menghemat dana yang harus kamu keluarkan. Berkunjung ke pameran travel jadi cara agar bisa mendapatkan promo hingga ide destinasi wisata.

Selain itu, lakukan riset pada moda transportasi dari jauh hari agar bisa mendapatkan tiket dengan harga yang jauh lebih murah. Cari tahu moda transportasi yang ada dan juga waktu operasional beserta tarif. Dan untuk transportasi dalam kota, cari penyedia sewa kendaraan yang termurah namun tetap terpercaya agar dapat sesuai dengan alokasi budget.

3. Catat dan update keuangan harian selama perjalanan



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *