Bola  

Dilema Elkan Baggott, Main di Piala AFF atau Duel Lawan Diego Costa di Piala Liga Inggris

Suara.com – Mengintip situasi dilematis yang bisa dihadapi bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott di akhir tahun nanti; membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 atau tetap bersama klubnya di Inggris, Gillingham FC.

Timnas Indonesia dijadwalkan berpartisipasi dalam ajang Piala AFF 2022 yang digelar mulai 20 Desember nanti. Skuad Garuda akan melakoni pertandingan perdana pada 23 Desember 2022 melawan Kamboja.

Pelatih Timnas Senior Indonesia, Shin Tae-yong, hingga saat ini belum mengumumkan siapa-siapa saja yang akan dipilih untuk skuad Piala AFF nanti.

Namun, tentu pencinta sepak bola Indonesia berharap para pemain yang bermain di luar negeri, khususnya di Eropa, bisa tampil di Piala AFF 2022. Salah satunya bek naturalisasi asal Inggris, Elkan Baggott.

Baggott musim ini tampil menawan bersama Gillingham FC, klub divisi empat kompetisi Inggris, dengan status pinjaman dari Ipswich Town, klub kasta ketiga di Negeri Ratu Elizabeth.

Bek Gillingham pinjaman dari Ipswich Town, Elkan Baggott (kanan) membayangi pemain Brentford pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Brentford Community, London, Inggris, Rabu (9/11/2022) WIB. [Glyn KIRK / AFP]

Pemain berusia 20 tahun itu kini jadi opsi utama di jantung pertahanan Gillingham. Di musim 2022/2023 ini, Baggott tercatat jadi pemain Indonesia pertama yang main di kompetisi Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Bahkan, Baggott bermain penuh saat Gillingham menyingkirkan tim Premier League, Brentford di laga putaran ketiga Piala Liga, 9 November lalu.

Gillingham menyingkirkan tuan rumah Brentford lewat adu penalti usai menahan imbang tim Liga Inggris itu dengan skor 1-1.

Deretan penampilan impresif ini, pastinya membuat Shin Tae-yong ingin menggunakan jasa Baggott di Piala AFF mendatang.

Namun, hal tersebut takkan mudah. Gillingham berhak menolak memberikan izin ke Baggott untuk membela negaranya. Pasalnya, Piala AFF tidak masuk dalam agenda resmi FIFA.

Apalagi servis Baggott tentu dibutuhkan Gillingham untuk mengarungi jadwal padat di Desember 2022 dan Januari 2023 nanti.

Gillingham akan menjalani enam laga di sepanjang bulan Desember. Ada momen di mana Baggott dan kolega bisa bermain dua kali dalam sepekan.

Gillingham akan menjalani lima dari enam laga itu di ajang League Two, kompetisi divisi empat Inggris tersebut. Sementara, satu laga lain adalah partai babak 16 besar Piala Liga Inggris melawan Wolves.

Prospek Baggott berduel melawan striker bengal Wolves, Diego Costa, di pertandingan tersebut pun sangat terbuka. 

Penyerang baru Wolves, Diego Costa. [doc. WWFC]
Penyerang Wolves, Diego Costa. [doc. WWFC]

Baggott sangat mungkin dimainkan sebagai starter, setali tiga uang dengan penyerang veteran eks Timnas Spanyol itu.

Menariknya, laga melawan Wolves itu akan digelar pada 20 Desember, atau hanya tiga hari jelang laga pembuka Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Melihat jadwal padat Gillingham ini, peluang Baggott untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 terbilang kecil.

Terlebih jika Gillingham bisa menembus babak ketiga ajang Piala FA, yang dimainkan pada 7 Januari 2023 nanti. Sementara Piala AFF 2022 masih akan berlangsung sampai 16 Januari tahun depan.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *