Bola  

Kisah Brighton and Hove Albion, Klub Liga Inggris yang Namanya Dua

Suara.com – Mengenal Brighton and Hove Albion, klub di kasta teratas Liga Inggris yang memiliki kesan unik karena namanya yang ternyata dua.

Brighton merupakan sebuah klub yang tengah jadi perbincangan karena start apiknya di Liga Inggris 2022/2023 ini.

Klub berjuluk The Seagulls tersebut menjadi salah satu tim kuda hitam yang mampu mengalahkan Manchester United dan Chelsea.

Selain kiprahnya, nama klub ini diperbincangkan karena mantan pelatihnya, Graham Potter, dipinang oleh Chelsea belum lama ini.

Selain karena dua hal tersebut, ada alasan lain mengapa Brighton menjadi perbincangan dan bahan diskusi.

Hal ini tak lepas dari namanya yang terdiri dari dua wilayah yang ada Inggris, yakni Brighton dan Hove, namun ternyata tergabung dalam satu klub.

Bagaimana kisahnya dua wilayah yang berbeda justru malah jadi satu klub?

Tim Asal Selatan Inggris

Biasanya, setiap penikmat Liga Inggris lebih menyukai menyebut Brighton and Hove Albion sebagai Brighton saja. Hal ini dikarenakan lebih singkat dan lebih jelas.

Nyatanya, jika menyebut nama Brighton, maka harus menyertakan Hove. Hal ini lantaran Brighton and Hove merupakan nama wilayah asal The Seagulls.

Brighton and Hove sendiri merupakan sebuah wilayah yang ada di Pantai Selatan Inggris. Semula, wilayah ini bukanlah kesatuan seperti yang dikenal sekarang.

Dulunya, Brighton merupakan wilayah sendiri dengan nama kuno Bristelmestune yang berada di County Sussex.

Letaknya sendiri berada di selatan yang dekat dengan laut. Karena alamnya, Brighton pun menjadi resor atau semacam tempat rekreasi bagi warga London yang memang tak jauh dari kota ini.

Sama seperti Brighton, Hove juga merupakan wilayah yang dekat dengan laut. Dulunya, Hove sendiri merupakan desa nelayan kecil dan terus berkembang pesat seiring perkembangan zaman.

Hingga akhirnya kedua kota ini kemudian bersatu membentuk otoritas tergabung atau Unitary Authority dan secara resmi mendapat status kota dari Ratu Elizabeth II pada 2001.

Alhasil, kini kota tersebut pun dikenal sebagai Brighton and Hove, kendati beberapa penduduknya masih menganggap dua wilayah ini berbeda.

Penggabungan ini pun berimbas pada letak klub Brighton and Hove Albion. Semula, The Seagulls bermarkas di Hove, yakni di Goldstone Ground.

Namun setelahnya, The Seagulls berganti kandang ke Falmer Stadium yang berada di Brighton. Stadion ini sendiri saat ini dikenal sebagai Stadion American Express Community Stadium atau Stadion AMEX karena kebutuhan sponsor.

[Felix Indra Jaya]



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *