Bola  

Shin Tae-yong Full Senyum: Sandy-Jordi Resmi WNI, Naturalisasi Shayne Pattynama Disetujui Rapat Paripurna DPR RI

Suara.com – Dua kabar baik datang hampir bersamaan untuk pecinta sepak bola Indonesia terkait perkembangan proses naturalisasi tiga pemain keturunan yakni Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama.

Sandy Walsh dan Jordi Amat telah resmi sebagai warga negara Indonesia (WNI) usai menjalani sumpah dan janji setia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Di hari yang sama, naturalisasi Shayne Pattynama juga telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam rapat paripurna yang dipimpin Puan Maharani selaku ketua.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ketika memimpin skuad Garuda kontra Curacao dalam laga persahabatan bertajuk FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. [Twitter/@PSSI]

Hal itu diyakini tidak hanya menjadi kabar baik untuk pecinta sepak bola Tanah Air, melainkan PSSI selaku federasi maupun Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia.

Proses pengambilan sumpah WNI untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB. Sandy dan Jordi datang ke Kanwil Kemenkumham Jakarta dengan mengenakan setelan jas hitam, dasi merah dan tak lupa keduanya juga memakai peci hitam.

Rombongan PSSI bersama Jordi Amat dan Sandy Walsh tiba di Gedung Kanwil Kemenkumham, Jakarta sekitar pukul 12.36 WIB. Mereka datang beriringan dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Pemain naturalisasi, Shayne Pattynama saat unjuk skill. (Twitter/@Amrullah_acho)
Pemain naturalisasi, Shayne Pattynama saat unjuk skill. (Twitter/@Amrullah_acho)

Dalam proses pengambilan sumpah dan janji setia sebagai WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat turut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah resmi menjadi WNI, dua pemain keturunan itu diharapkan bisa tampil di Piala AFF 2022. PSSI kini dikejar waktu karena batas akhir pendaftaran pemain adalah 20 November 2022.

Di sisi lain, naturalisasi Shayne Pattynama disetujui DPR RI dalam rapat paripurna. Puan Maharani meminta persetujuan seluruh anggota rapat yang hadir akan permohonan itu.

“Sehubungan itu, kami meminta persetujuan pada rapat paripurna hari ini, apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Shayne Elian Jay Pattynama dapat disetujui?” tanya putri eks Presiden Megawati Soekarnoputri itu kepada anggota sidang.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *