Bola  

Tahapan PSSI Menuju KLB, Pertama Layangkan Surat ke FIFA

Suara.com – Komite Eksekutif (Exco) PSSI telah memutuskan akan menggelar Kongres Biasa Pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB) menyikapi situasi sepak bola Tanah Air saat ini. Namun, untuk menggelar KLB, ada tahapan yang harus dilalui.

Exco PSSI memutuskan menggelar KLB setelah digelarnya emergency meeting menyusul permintaan tertulis dari Persebaya Surabaya dan Persis Solo, Jumat (29/10/2022) malam.

Jika sesuai aturan, pemilihan anggota PSSI yang baru digelar dalam Kongres Biasa Pemilihan. Namun, dapat melalui KLB asalkan sesuai dengan statuta PSSI.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (tengah) di kawasan GBK, Jakarta. [Suara/Adie Prasetyo Nugraha]

“Rapat Exco emergency yang dihadiri 12 anggota memutuskan untuk mempercepat Kongres Biasa Pemilihan melalui mekanisme KLB sesuai tahapan aturan organisasi,” kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan dalam keterangan resminya.

“Sesuai statuta PSSI tentang KLB, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis,” terangnya.

Exco PSSI mengabulkan permohonan Persis dan Persebaya agar tidak ada perpecahan antara sesama anggota. Selain itu, dengan adanya KLB diharapkan kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 bisa berputar kembali.

Sekedar informasi, sesuai Pasal 34 ayat 4 Statuta PSSI, KLB bisa diajukan oleh Exco. Namun, Exco jugalah yang akan menyusun agenda KLB.

“Exco PSSI memutuskan percepat KLB dengan memerhatikan surat yang dikirim dua anggota dikarenakan Exco PSSI tak ingin ada perpecahan anggota,” terang Iriawan.

“Kami harap keputusan ini menjadi pertimbangan bagi pemangku kepentingan kiranya dapat membantu diputarnya kembali Liga 1, Liga 2, liga 3 yang selama ini menjadi nafas dan marwah sepakbola Tanah Air,” ia menambahkan.

Lantas, bagaimana tahapan untuk menggelar KLB? untuk tahap awal PSSI akan berkirim surat ke FIFA. Adapun KLB baru bisa terlaksana setidaknya dalam waktu tiga bulan ke depan.

“Tahapan Kongres Luar Biasa akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan KLB. Surat pemberitahuan kepada FIFA tersebut akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin 31 Oktober 2022,” pungkasnya.

Jika sudah mendapat lampu hijau FIFA, kemudian akan dibentuk Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemlihan (KBP) sebelum dimulainya KLB.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *