Bola  

Tim-tim yang Potensial Gantikan Tunisia jika Dicoret dari Piala Dunia 2022

Suara.com – Deretan negara yang berpotensi menggantikan Timnas Tunisia di Piala Dunia 2022 akan dibahas dalam artikel kali ini.

Adapun, Tunisia terancam gagal mentas di Piala Dunia 2022 setelah FIFA mengeluarkan ancaman mengeliminasi mereka dari ajang yang akan bergulir mulai 20 November tersebut.

Usut punya usut, ancaman FIFA ini muncul setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Tunisia, Kamel Deguiche, mengeluarkan pernyataan kontroversial.

Deguiche menyinggung tentang pembubaran beberapa kantor federal dari berbagai disiplin di Tunisia. Ini digolongkan FIFA sebagai upaya intervensi pemerintah kepada federasi sepak bola Tunisia.

Atas pernyataan Deguiche ini pula, FIFA akhirnya meminta klarifikasi dari Tunisia Football Federation (FTF) tentang pernyataan dari sang Menpora-nya itu.

FIFA menggambarkan situasi ini sebagai upaya otoritas negara untuk campur tangan dalam urusan internal federasi Tunisia dan ancamannya untuk membubarkan kantor FTF.

Jika penilaian FIFA nantinya menyatakan bahwa ada ikut campur pemerintah kepada urusan TFT, maka Timnas Tunisia bisa kena imbasnya.

Lantas, negara mana saja yang berpotensi menjadi pengganti Tunisia di Piala Dunia 2022?

1. Mali

Pengganti Tunisia besar kemungkinan besar dari zona Afrika (CAF). Salah satunya adalah Mali yang menjadi lawan Tunisia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika.

Setelah melalui dua pertemuan, Tunisia menang agregat 1-0 atas Mali. Akibat kekalahan itu, Mali gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

2. Nigeria

Nigeria besar kemungkinan jadi pengganti Tunisia karena punya ranking FIFA paling tinggi di antara negara Afrika lain yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Victor Osimhen dan kolega kini menempati peringkat ke-32 dunia. Nigeria sendiri gagal lolos ke Piala Dunia 2022 setelah kalah agresivitas gol tandang dari Timnas Ghana.

3. Mesir

Mesir yang kini menempati peringkat ke-39 dunia, besar kemungkinan menjadi pengganti Tunisia karena berstatus sebagai pemilik gelar juara Piala Afrika terbanyak dengan 7 trofi.

Mesir juga kini diperkuat banyak pemain bintang yang merumput di Eropa, salah satunya adalah Mohammed Salah di Liverpool.

4. Peru

Peru sebetulnya tinggal selangkah lagi melaju ke Piala Dunia 2022, sayangnya mereka kalah dari Australia di babak playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dengan begini, Peru berpotensi untuk menjadi pengganti Tunisia di Piala Dunia 2022 yang tergabung di Grup D bersama Prancis, Australia, dan Denmark.

5. Italia

Italia secara mengejutkan gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Berstatus sebagai juara Euro 2020, Italia kalah dari Makedonia Utara di laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Kegagalan ini menyisakan duka bagi publik sepak bola Italia karena mereka sebetulnya punya materi pemain mumpuni. Sayang nasib bicara lain kepada pemilik 4 trofi Piala Dunia tersebut.

Meski demikian, sempat muncul rumor yang menyebut Italia bisa menggantikan Iran. FIFA pun diyakini bisa saja menunjuk Italia sebagai pengganti Tunisia karena La Nazionale memiliki peringkat koefisien terbaik di antara negara-negara lainnya yang tidak lolos.

[Aditia Rizki]



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *