Bola  

Trofi Piala Dunia Terbuat dari Apa? Ini Ukuran, Bahan, Harga hingga Sejarahnya

Suara.com – Trofi Piala Dunia FIFA, sejak awal, telah menjadi objek keinginan bagi setiap negara yang bermain sepak bola di dunia. Namun apakah kalian tahu trofi Piala Dunia FIFA terbuat dari apa?

Lebih dari 200 negara di antaranya saat ini, dan perjuangan epik mereka di lapangan untuk memenangkannya telah menciptakan berbagai momen yang tak terlupakan. Trofi Piala Dunia FIFA menjadi salah satu simbol olahraga yang paling dikenal di dunia, maka fakta-fakta trofi World Cup pun menarik perhatian khalayak umum.

Mereka juga ingin tahu trofi Piala Dunia terbuat dari apa. Selain itu ada juga yang ingin tahu ukuran, berat, taksiran harga, sampai dengan sejarahnya. Berikut kami ulas satu per satu keunikan trofi piala dunia tersebut. 

Ukuran Trofi Piala Dunia

Jadi seberapa besar Trofi Piala Dunia FIFA? Nah, trofi itu memiliki ukuran sebagai berikut:

  • Tingginya 36,5 sentimeter (14,4 inci)
  • Dasar piala berdiameter 13 sentimeter (5,1 inci)

Di bagian bawahnya berukir tulisan “Piala Dunia FIFA”.

Berat Trofi Piala Dunia

Di samping perbedaan ukuran dan tinggi keseluruhannya, trofi Piala Dunia FIFA versi terbaru memiliki berat 6.2kg (13.6lbs). Lebih berat 3.8kg (8.4lbs) dari versi Jules Rimet. Dengan berat seperti itu, trofi Piala Dunia FIFA terbuat dari apa?

Trofi Piala Dunia di pamerkan di Moskow. Kirill KUDRYAVTSEV / AFP

Bahan Trofi Piala Dunia

Banyak orang bertanya, apakah trofi Piala Dunia FIFA terbuat dari 100% emas? Apakah trofi itu padat atau berlubang? Nah inilah jawaban untuk semua pertanyaan Anda.

Trofi Piala Dunia FIFA terbuat dari emas 18 karat (75%), yang bernilai sekitar US$161.000 pada tahun 2018. Trofi itu juga berisi dua lapis perunggu.

Taksiran Harga Trofi Piala Dunia

Ada yang bisa menebaknya? Trofi Piala Dunia FIFA adalah salah satu trofi termahal di dunia olahraga. Diperkirakan Trofi Piala Dunia FIFA bernilai $ 20 juta. Angka tersebut belum terverifikasi dan hanya berupa taksiran harga trofi Piala Dunia tersebut saja.

Sejarah Trofi Piala Dunia

Cesc Fabregas saat mengangkat trofi Piala Dunia saat masih membela Timnas Spanyol. (Twitter/@Fandom_ID)
Cesc Fabregas saat mengangkat trofi Piala Dunia saat masih membela Timnas Spanyol. (Twitter/@Fandom_ID)

Sejak 1974, juara dunia sepak bola telah diselenggarakan dengan trofi versi baru yang disebut trofi Piala Dunia FIFA. Seniman Italia Silvio Gazzaniga terpilih untuk mendesain Trofi Piala Dunia FIFA.

Berbeda dengan Jules Rimet Trophy, trofi Piala Dunia FIFA yang asli tidak dapat disentuh secara langsung lagi. Dengan alasan keamanan, peraturan baru menyatakan bahwa trofi Piala Dunia FIFA tetap dalam kepemilikan FIFA, diamankan di markas Zurich. Peraturan baru melarang persyaratan seremonial seperti Tur Trofi.

Walaupun demikian, pemenang Piala Dunia FIFA dari setiap tahun dapat secara permanen menyimpan replika perunggu berlapis emas, yang disebut sebagai Piala Pemenang Piala Dunia FIFA, untuk setiap turnamen yang mereka menangkan.

Salah satu replika tersebut juga diberikan kepada Nelson Mandela sebelum Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2010. Dia adalah satu-satunya individu yang menerima replika resmi piala hingga saat ini.

Selain itu, hanya sekelompok orang tertentu, termasuk kepala negara dan mantan pemenang Piala Dunia, yang diizinkan menyentuh trofi Piala Dunia FIFA asli.

Demikian itu informasi untuk menjawab pertanyaan trofi piala dunia terbuat dari apa dan sejumlah fakta unik lainnya.

Kontributor : Mutaya Saroh



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *