6 Gaya Parenting Pengaruhi Hubungan Orang Tua dan Anak: Tidak Semuanya Positif Loh!

Suara.com – Tidak bisa dipungkiri jika kepribadian anak akan sangat berpengaruh pada bagaimana cara parenting alias pengasuhan orang tua. Terkadang, ketika orang tua terlalu membebaskan anak justru itu akan membuatnya merasa tidak dihormati.

Namun, ketika orang tua justru terlalu keras kepada anaknya, itu juga membuatnya akan menjadi pemberontak. Apalagi di tengah era digital saat ini pola asuh akan sangat memengaruhi bagaimana anak berperilaku dan bersikap.

Orang tua juga tidak bisa menyamakan bagaimana ia diasuh dahulu. Terutama karena setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Ilustrasi Parenting. (Photo by Kelly Sikkema on Unsplash)

Meski demikian, orang tua biasanya memang memiliki gaya pengasuhan atau metode yang digunakan untuk bisa membuat anaknya mengerti dan disiplin. Melansir News18, beberapa pola asuh berikut akan memengaruhi akan memengaruhi hubungannya dengan anaknya ke depan.

Memberikan pondasi kepada anak

Salah satu pola asuh yang dilakukan yaitu dengan memberikan pondasi kepada anak. Artinya, orang tua memiliki kontribusi kuat dalam membentuk pribadi anak. Hal ini membuat orang tua kerap kali ikut serta dalam kehidupan anak. Keikutsertaan orang tua ini karena mereka berpikir jika anaknya tidak cukup baik. Oleh sebab itu, ia selalu berusaha ikut serta dalam kehidupan anak serta adanya rasa takut akan pengabaian.

Pola asuh otoriter

Beberapa orang tua menerapkan pola asuh otoriter kepada anaknya. Kondisi ini membuat orang tua mengharapkan jika sang anak akan patuh terhadap setiap arahan yang diberikan olehnya. Namun, kondisi ini dapat membuat anak menjadi terlalu bergantung cemas dan kritis terhadap pilihan mereka, bahkan dapat berperilaku agresif.

Gaya berwibawa

Gaya pengasuhan satu ini, biasanya membuat orang tua berusaha menemukan keseimbangan antara ketertiban dan pengasuhan. Biasanya, orang tua memiliki peraturan yang diterapkan kepada anak, tetapi bersifat fleksibel. Selain itu, anak juga memiliki kesempatan untuk menyampaikan apa yang diinginkannya.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *