8 Cara Memperbaiki Fungsi Ginjal di Tengah Maraknya Kasus Gagal Ginjal Akut

Suara.com – Belakangan ini Indonesia dihebohkan dengan penemuan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak-anak. Sebanyak 99 anak usia kurang dari 6 tahun dilaporkan meninggal dunia. Di tengah maraknya kasus ini, penting bagi kita semua untuk mengetahui cara memperbaiki fungsi ginjal. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan total kumulatif penderita kasus gangguan ginjal akut misterius di Indonesia mencapai 206 anak dari 20 provinsi per Selasa 18 Oktober 2022.

Berdasarkan data Kemenkes, angka kematian gangguan ginjal akut misterius di Indonesia mencapai 48 persen. Adapun untuk kasus yang tercatat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, sebagai rumah sakit rujukan untuk gagal ginjal, angka kematiannya telah mencapai 65 persen.  

Kemenkes bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) hingga kini masih terus melakukan investigasi mendalam untuk mengetahui penyebab pasti dari lonjakan kasus gagal ginjal misterius pada anak ini.

Akan tetapi, dugaan sementara penyebabnya yakni berkaitan dengan komponen ataupun senyawa dalam obat sirup yang dikonsumsi oleh anak. Oleh sebab itu, saat ini masyarakat dilarang mengonsumsi obat jenis sirup untuk sementara waktu. 

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh manusia yang memiliki beragam fungsi penting. Beberapa fungsi penting  ginjal di antarnya adalah menyaring produk limbah, kelebihan air, dan juga kotoran lainnya dari darah. 

Semua produk limbah tersebut nantinya akan disimpan di dalam kandung kemih dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin. Mengingat pentingnya fungsi ginjal ini, menjaga kesehatan ginjal sama saja dengan menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. 

Karena saat kinerja ginjal menurun, maka limbah serta cairan dalam tubuh akan menumpuk sehingga memicu kerusakan pada organ. Jika hal ini terjadi, maka penderitanya harus menjalani pengobatan tertentu hingga transfusi ginjal. Jika hal itu terjadi, maka penting bagi Anda untuk meperbaiki fungsi ginjal.   

Cara Memperbaiki Fungsi Ginjal  

Agar tidak mengalami gangguan organ yang semakin parah, berikut beberapa cara memperbaiki fungsi ginjal: 

1. Olahraga 

Menurut beberapa penelitian, olahraga yang teratur akan menurunkan risiko penurunan fungsi ginjal hingga penyakit ginjal kronis. Sebab dengan berolahraga bisa membantu mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Selain itu dapat menjaga kesehatan jantung di mana keduanya sangatlah penting untuk dijaga agar mencegah kerusakan ginjal. 

Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga fungsi ginjal di antaranya adalah berjalan, berlari, badminton, bersepeda, atau menari. 

2. Menjaga tekanan darah 

Tekanan darah yang tinggi sangtlah berpotensi sebagai penyebab kerusakan pada ginjal. Apalagi jika disertai dengan berbagai kondisi penyakit lain seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, jantung, dan diabetes. Dengan mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. 

3. Mengendalikan gula dalam darah 

Penderita diabetes, sangat berisiko besar mengalami penurunan fungsi ginjal. Sebab ketika terlalu banyak kadar gula yang ada di dalam darah, maka kerja ginjal untuk menyaring darah akan semakin berat. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus maka akan menyebabkan kerusakan cukup serius pada ginjal. 

4. Minum air yang cukup 

Asupan air putih yang teratur dan konsisten sangatlah baik untuk memperbaiki fungsi ginjal. Karena dapat membersihkan natrium dan juga racun pada ginjal, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Sebaiknya usahakan Anda minum air  sebanyak1,5 liter hingga 2 liter dalam sehari. 

5. Tidur yang cukup 

Ternyata menjaga tidur sangat penting untuk kesehatan ginjal. Usahakan l Anda tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam. Namun jika Anda mengalami kesulitan tidur, maka sebaiknya Anda segera melakukan beberapa upaya untuk bisa memperbaiki waktu tidur Anda. 

6. Menjaga berat badan 

Orang yang obesitas atau memiliki berat badan berlebih sangat berpeluang mengalami berbagai penyakit seperti diabetes, jantung termasuk juga penurunan fungsi ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga berat badan agar ginjal tetap terjaga fungsi dan kesehatannya. 

7. Perhatikan Pola Makan 

Memperhatikan pola makan sangatlah penting, karena beberapa jenis makanan akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Termasuk makan-makanan yang sehat akan menunjang kinerja ginjal agar tetap baik. 

Kurangi jenis makanan yang banyak mengandung sodium atau natrium, serta segala macam daging olahan untuk memperbaiki  fungsi ginjal. Perbanyak makan makanan yang berbahan-bahan segar dan secara alami rendah sodium. 

8. Perhatikan obat yang dikonsumsi 

Jika Anda sering mengonsumsi obat, maka mulai sekarang jangan sembarangan meminum obat. Konsumsilah jenis obat yang sesuai dengan kebutuhan atau berdasarkan rekomendasi resep dokter. Hal ini dilakukan agar fungsi ginjal tetap baik dan sehat. 

Nah itulah tadi beberapa cara memperbaiki fungsi ginjal di tengah maraknya kasus gagal ginjal misterius yang menyerang ratusan anak di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *