Begini Posisi Janin Mendekati Masa Persalinan, Cek Penampakannya

Suara.com – Masuk usia kehamilan awal sembilan bulan, kepala janin mulai berada di area bawah perut ibu. Beberapa bahkan mungkin sudah masuk ke panggul.

Hal itu bisa saja mempengaruhi kondisi ibu, terutama area pinggang. Mengutip dari kanal YouTube Tanyakan Dokter, pada artikel ini akan dilanjutkan pembahasan tentang  perkembangan janin setiap minggu yang dijelaskan oleh dokter Jeffry Kristiawan. Kali ini memasuki usia 35-36 minggu yang fokus terhadap kondisi janin jelang persalinan.

Usia 35 Minggu

Berat janin sudah mencapai 2,3 sampai 2,6 kg. Berat tersebut cukup ideal untuk persiapan janin dilahirkan satu bulan lagi. Selain ukurannya yang membesar, janin juga semakin pintar karena otaknya makin berkembang. Seluruh fungsi-fungsi inderanya telah berfungsi dengan baik, bisa merespon apa yang menjadi rangsangan. Terutama bila mendengar suara, janin bisa merrspon dengan gerakannya. 

Pada usia 35 minggu ini juga kepala bayi seharusnya sudah di bawah. Tetapi, bila belum, ibu bisa sering lakukan gerakan nungging dan jongkok supaya kepala janin bisa memutar ke bawah. Kemudian organ-organ internal janin, seperti hati dan ginjal juga sudah berfungsi baik. Sehingga janin bisa menyaring kotoran ya yang ada di darah. 

Usia 36 Minggu

Pada usia ini, jari kuku bayi sudah mulai tumbuh. Kemudian selaput-selaput lilin atau lapisan lemak berwarna putih yang menyelimuti janin juga mulai berkurang. Meskipun beberapa bayi saat dilahirkan ada yang masih tersisa lapisan tersebut.

Otot-otot bagian wajah janin sudah bagus. Bahkan terkadang sudah bisa berekspresi juga menghisap jempol untuk belajar laktasi setelah lahir.  Hal yang unik di usia kehamilan ini, kepala janin sudah semakin turun di bawah bahkan bisa juga sudah mulai turun ke panggul ibu. 

Apabila janin sudah mulai masuk panggul, ibu bisa jadi semakin merasa sakit punggung, lebih sering buang air kecil, hingga keputihan. Meski begitu, nafasnya bisa jadi lebih lega karena tekanan pada diafragma berkurang.

Saat di USG mungkin terlihat kepala janin agak lonjong dan lancip. Kondisi itu normal karena bisa dipengaruhi oleh pintu panggul ibu. Sebab, tengkorak janin memang masih lentur, sehingga bentuknya masih bisa sedikit berubah-ubah. Ibu tak perlu khawatir karena seiring waktu bentuk kepala janin akan kembali normal.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *