Direkomendasikan WHO Atasi Gagal Ginjal Akut, Efektivitas Fomepizole di Atas 90 Persen

Suara.com – Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril menyatakan bahwa obat penawar Fomepizole untuk mengatasi keracunan obat pada kasus pasien gangguan ginjal akut merupakan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mohammad Syahril mengatakan Fomepizole memiliki efektivitas tinggi di atas 90 persen sehingga Kemenkes membelinya.

“Obat penawar ini (Fomepizole) sudah direkomendasi WHO dengan efektivitas tinggi di atas 90 persen. Dari data itu kami beli, di samping memang sudah siap dipakai,” katanya dalam keterangan pers terkait gangguan ginjal akut yang diikuti dalam jaringan Zoom di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Saat ini, pemerintah sudah mendatangkan Fomepizole ke Indonesia. Sebanyak 36 vial dari Singapura dan 16 vial dari Australia. Selain itu, ratusan vial juga akan didatangkan dari Jepang dan Amerika Serikat.

“Selanjutnya pemerintah akan mendatangkan ratusan vial lagi dari Jepang dan Amerika Serikat, total sekitar 200 vial,” ujarnya.

Fomepizole sudah diuji coba kepada 10 dari 11 pasien gagal ginjal akut di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Hasilnya, sebagian pasien membaik dan sebagian stabil.

“Yang diberikan obat adalah pasien yang sudah menunjukkan gejala gangguan ginjal yang diduga karena keracunan. Contohnya, pengurangan frekuensi buang air kecil dan jumlahnya juga berkurang,” katanya.

Hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan peningkatan ureum kreatinin lebih dari 1,5 kali atau naik senilai 0,3 mg/dL, pemeriksaan USG didapatkan bentuk dan ukuran ginjal normal, tidak ada kelainan seperti batu, kista, atau massa.

“Obat itu sudah diberikan kepada pasien sampai pada keadaan yang terberat,” ujarnya.

Aturan pemakaian Fomepizole sesuai panduan medis sebanyak lima kali suntikan.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *