Hari Patologi Internasional 2022, Masyarakat Perlu Tahu Peran Penting Ilmu Patologi Terhadap Pencegahan Penyakit

Suara.com – Patologi merupakan salah satu bidang penting dalam kesehatan. Dengan adanya ilmu patologi, dokter dapat mempelajari berbagai penyakit serta bagaimana cara untuk menanganinya. Apalagi, saat ini muncul berbagai penyakit baru yang mungkin berbahaya bagi manusia.

Pentingnya ilmu patologi tersebut, dibuatlah Hari Patologi Internasional. Peringatan ini ditujukan untuk membagikan informasi kepada masyarakat mengenai ilmu patologi dan manfaatnya. Biasanya, Hari Patologi Internasional dirayakan pada bulan November setiap tahunnya.

Sejarah Hari Patologi Internasional

Hari Patologi International diinisiasi pelaksanaannya oleh perkumpulan dokter spesialis patologi di Inggris (Royal College of Pathologists) pada 2014. Sejak saat itu peringatan ini dilakukan secara rutin pada setiap awal bulan November.

PerayaanHari Patologi Internasional 2022 di Indonesia. (Fajar/Suara.com)

Biasanya, kegiatan Hari Patologi Internasional diperingati sebagai ajang berkumpulnya dokter ahli patologi (Pathologist) dari berbagai belahan dunia untuk saling berbagi ilmu mengenai kemajuan di bidang Patologi dan isu terkini masalah kesehatan global

Hari Patologi Internasional 2022

Sementara itu, pada tahun 2022 ini, Hari Patologi Internasional mengusung tema ‘Pathologists: Hand In Hand, All Together, For A Better World’. Untuk Indonesia, perayaan Hari Patologi Internasional dilangsungkan pada 13 November lalu di Gelora Bung Karno sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional serta Hari Ulang Tahun IDI ke-72.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT mengatakan, dengan adanya perayaan Hari Patologi Internasional, ini dapat menjadi kunci serta peran penting untuk mendeteksi penyakit pada tubuh manusia.

Lebih lanjut, Dokter Adib menyampaikan, bidang patologi ini kerap mendapat banyak tantangan. Beberapa tantangan yang dihadapi saat ini, baik secara global maupun di Indonesia adalah kekurangan sumber daya manusia sebagai ahli di bidang patologi.

Selain itu, peningkatan populasi penduduk juga menjadi faktor adanya peningkatan angka kejadian penyakit kanker serta penyakit infeksi



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *