Indonesia Punya Potensi Jadi Salah Satu Tujuan Wisata Medis di Bidang Stem Cell

Suara.com – Melihat semakin berkembangnya terapi preventif dan regeneratif menggunakan sel punca (stem cell), Presiden World Council of Preventive, Regenerative and Anti-aging Medicine (WOCPM), Prof. dr. Deby Vinski melihat jika Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu tujuan health tourism atau wisata kesehatan di bidang tersebut. 

Hal ini ia sampaikan pada pertemuannya dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang juga menjabat sebagai Penasihat WOCPM beberapa waktu lalu. Menurutnya, atas berbagai upaya yang telah dilakukan WOCPM, Indonesia dapat menjadi salah satu destinasi health tourism dengan berbagai layanan unggulan, salah satunya terapi Stem Cell.

Salah satu langkah untuk menuju hal tersebut, adalah dengan kerjasama Celltch Stem Cell (CSC) Laboratory yang berada di Vinski Tower, Pondok Pinang, Jakarta Selatan dengan berbagai pihak, di antaranya adalah Gubernur Sulawesi Utara dan RS ODSK. 

“Tujuan kerja sama ini adalah untuk pemanfaatan sel punca dalam lingkup laboratorium transit dan bank Celltech Stem Cell (CSC) Laboratory serta pengembangannya dalam kegiatan health tourism,” ujar dia dalam siaran pers yang Suara.com terima. 

Prof. dr. Deby Vinski dan Jusuf Kalla (Dok)

Terlebih, kata Prof. dr Deby Vinski, saat ini telah juga dibuka penerbangan langsung dari Korea Selatan untuk memudahkan wisatawan yang ingin mendapatkan layanan Stem Cell dari CSC) Laboratory yang diresmikan oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Juli 2016 silam.

Hal ini tentu saja sejalan dengan tujuan Prof. dr Deby Vinski dan Jusuf Kalla untuk meningkatkan devisa negara dan menjadikan Indonesia sebagai pusat tujuan wisata medis.

Sebagai The Queen of Anti aging, Prof. dr. Deby Vinski juga memgatakan jika organisasi WOCPM juga sempat membahas perkembangan stem cell dan peran WOCPM ke depannya dalam kemajuan ilmu stem cell dunia di meeting di Geneva, Swiss. 

Di sana, ia bertemu dengan dr. Stevan Jovanovic, dr Ignazio Sapuppo dan Prof dr Eric Equinarina sebagai wakil Presiden WOCS. Jufuf Kalla pun mengatakan jika dirinya terus mendukung langkah WOCPM untuk membuat gebrakan-gerbakan membangun dan memberikan sumbangsih bagi bangsa.

“Ini semua semi memajukan Health Tourism sehingga nama Indonesia semakin besar di mata dunia,” tutup Jusuf Kalla.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *