Pemeran Ranger Putih Jason David Frank Meninggal Bunuh Diri. Ahli Peringatkan Aksi Copy Cat

Suara.com – Meninggalnya pemeran ranger putih, Jason David Frank karena dugaan bunuh diri atau suicide di Texas pada Senin, 21 November 2022 disebut bisa menularkan perilaku bunuh diri karena diberitakan secara luas.

Berita Jason David Frank meninggal di usia 49 tahun dibenarkan manajernya, Justine Hunt yang meminta penggemar untuk menghormati Frank dan keluarganya yang ditinggalkan

“Tolong hormati privasi keluarga dan teman-temannya selama masa yang berat ini, saatnya kita berdamai dengan perginya manusia yang luar biasa. Dia sangat mencintai keluarga, teman dan penggemarnya. Dia akan sangat dirindukan,” ujar Hunt mengutip NZ Herald, Senin (21/11/2022). 

Pemeran Ranger hijau di Power Rangers, Jason David Frank meninggal dunia. [Instagram/@jdfffn]

Perilaku bunuh diri bisa menular ini dibenarkan Peneliti Kesehatan Mental dan Pencegahan Bunuh Diri, dr. Sandersan Onie bahwa kejadian bunuh diri bisa memicu orang lain untuk bunuh itu, yang dikenal dengan istilah suicide contagion atau penularan bunuh diri.

“Masalah penularan, itu betul sekali, bahkan di bahasa Inggris kita namakan suicide contagion,” ujar dokter yang akrab disapa Sandy itu dalam acara peluncuran website dan tools pencegahan bunuh diri beberapa waktu lalu.. 

dr. Sandy menjelaskan bahwa bunuh diri bisa ditularkan melalui berita, bahkan akan sangat berdampak pada orang yang mengenal sosok yang melakukan bunuh diri tersebut.

Tidak hanya itu, saat adanya pemberitaan fenomena selebriti yang bunuh diri maka akan meningkatkan risiko masyarakat, khususnya penggemar yang mendengarnya berisiko jadi ingin melakukan aksi bunuh diri.

“Jadi betul sekali penularan bunuh diri adalah satu problem yang cukup besar,” imbuh dr. Sandy.

Sehingga masyarakat perlu tahu cara menurunkan risiko penularan bunuh diri ini dengan edukasi, pemahaman dan pencegahan aksi bunuh diri dengan perencanaan keamanan.

Perencanaan keamanan ini meliputi data, bagaimana tanda waspada seseorang yang ingin melakukan bunuh diri, dengan sikap, gejala fisik dan emosi. Seperti susah tidur atau tidur lebih lama, mudah menangis, terlihat lesu, tidak bergairah, tidak miliki harapan dan tujuan.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *