Sering Berkegiatan Di Malam Hari, Begini Cara Agar Nelayan di Pulau Panggang Tak Rentan Alami Masalah Kesehatan

Suara.com – Pulau Panggang selama ini dikenal sebagai salah satu pulau di Utara Jakarta dengan mayoritas masyarakat bekerja sebagai nelayan. Pekerjaan itu seringkali rentan terhadap masalah kesehatan.

Hal ini yang membuat Balsem Lang berupaya untuk membantu mengatasi masalah kesehatan penduduk Pulau Panggang. Dalam keterangannya, Lelyana, Senior Brand Manager PT. Borden Eagle Indonesia, mengatakan bahwa mereka sadar konsumen terbesar dari produknya adalah seperti masyarakat di Pulau Panggang, yang banyak berkegiatan di malam hari, terpapar angin sehingga rentan terhadap masuk angin

“Mayoritas masyarakat di Pulau Panggang bekerja sebagai nelayan dan kita semua tahu profesi nelayan merupakan salah satu profesi yang rentan terhadap masuk angin. Oleh sebab itu, kami ingin hadir untuk masyarakat Pulau Panggang agar dapat menjadi solusi untuk membantu meredakan gejala masuk angin,” ucap Lelyana.

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Sehat. (Dok: Istimewa)

Tidak hanya itu, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, mereka bersama bekerja sama dengan Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar menyelenggarakan juga menggelar sejumlah kegiatan.

Salah satunya sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dibawakan oleh Aina Fisabila, seorang suster dan konselor menyusui. Aina menyampaikan tentang 10 indikator PHBS.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan. Proses pengecekan kesehatan dibantu oleh UPT Puskesmas Pulau Panggang dan meliputi pengecekan berat badan, tinggi badan, tekanan darah, tes gula darah, dan tes kolesterol. Setelah selesai melakukan cek kesehatan, masyarakat diberikan bingkisan yang berisi bahan makanan pokok dan produk Balsem Lang.

“Saya senang karena ada kegiatan ini saya jadi bisa tahu apakah saya ada masalah kolesterol atau gula darah atau tidak, kalau nggak ada kegiatan seperti ini saya nggak akan tahu,” ujar Ibu Muawanah, salah seorang penduduk Pulau Panggang.

Pulau Panggang adalah salah satu dari 110 pulau yang terletak di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Berjarak kurang dari 60 km dari Monumen Nasional, yang merupakan pusat pemerintahan DKI Jakarta, pulau ini dapat dicapai menggunakan kapal yang berlayar setiap jam 8 pagi dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara dalam waktu kurang lebih 3 jam.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *