Sisi Positif Bermain Bersama Anak, Bikin Perkembangan Fisik dan Emosional Si Kecil Lebih Pesat Lho

Suara.com – Tahukah parents jika bermain bersama anak masih menjadi cara terbaik untuk membangun tumbuh kembang si Kecil lebih pesat, baik dari segi fisik maupun emosional?

Hal tersebut diungkap Psikolog Marcelina Melisa, M.Psi, yang menyampaikan, jika penting bagi orang tua membangun waktu yang berkualitas dengan anak, untuk menghasilkan ikatan atau bonding lebih erat, meski sebenarnya hal ini sudah kta bangun sejak kelahirannya.

Bonding kata dia dapat menjadi dasar rasa percaya anak dengan lingkungan, sehingga dapat membangun keterampilan sosial yang baik bagi mereka. Selain itu, jadikan waktu berkualitas bersama anak sebagai momen eksplorasi minat dan bakatnya, terutama masih dalam usia periode emas mereka. 

“Anak-anak akan lebih semangat ketika didampingi atau berinteraksi dengan orang tua sebagai orang terdekat di hidupnya, sehingga orang tua menjadi lebih mudah mengajarkan nilai-nilai penting dalam kehidupan,” jelas dia dalam acara bersama Early Learning Center beberapa waktu lalu.

Ilustrasi bermain bersama anak (pexels/Elina Fairytale)

Marcelina juga menambahkan, bermain merupakan cara efektif bagi anak-anak untuk belajar banyak hal baru, apalagi ditunjang dengan kehadiran permainan anak yang sesuai dengan usianya dan dibutuhkan oleh tahapan perkembangan dirinya. 

Nah, orangtua bisa menjadikan momen liburan akhir tahun kali ini untuk memdapatkan waktu berkualitas bersama anak, di mana mereka akan menghabiskan lebih banyak waktunya di rumah, selain sekolah atau kesibukkan lainnya. 

“Orangtua bisa mengajak anak-anak untuk berekreasi di luar rumah saat liburan, untuk menjadi penunjang dalam menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak,” tambah dia.

Terpenting untuk diingat, orang tua merupakan sosok atau tokoh utama yang diidolakan anak-anaknya, sehingga para orang tua wajib mengenalkan hal-hal dasar yang positif, seperti bermain permainan yang sesuai usianya, sehingga dapat mengurangi keinginan anak mencoba hal lain di luar usianya.

Memasuki musim liburan akhir tahun, Early Learning Centre pun menghadirkan beragam permainan terkini yang disesuaikan terhadap umur perkembangan anak sedari lahir. Ada 50 ide hadiah permainan anak yang mendukung aktivitas antara orang tua dengan anak di waktu luang.



Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://www.nerf-herders-anonymous.net adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.nerf-herders-anonymous.net tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *